Monday 5 June 2017

Penjelasan LENGKAP - Kalimat Conditional Sentence Type 1 dan Faktanya

Contoh conditional sentence type 1 – Haii semua kembali lagi sama mimin ya.. setelah sebelumnya kita membahasa secara umum tentang “Conditional sentencetype 1 2 dan 3 Beserta Contoh dan faktanya” maka kali ini kita akan lebih memfokuskan pembahasan kita.Sebelum itu, tentu kamu sudah tahu kan apa itu conditional sentences? Ya dalam bahasa Indonesia disebut dengan kalimat pengandaian. Conditional sentences terdiri dari 3 jenis yang nantinya akan kita pelajari. Namun pada pembahasan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang conditional sentence type 1.
Pada conditional sentence type 1, kita murni membicarakan tentang suatu pengandaian. Berikut adalah contoh soal conditional sentence type 1 “if I have money, I will buy a house” keadaan ini bisa terjadi jika syarat pada keadaan tertentu dapat terpenuhi yaitu “ if have money” jadi contoh kalimat fakta pada type ini disesuaikan dengan keadaan pada saat itu. Namun biasanya conditional sentence type sangat rasional untuk dapat terjadi. Atau syarat pada keadaan tertentu dapat terpenuhi. Untuk “conditional sentence type 2” dan “conditional sentence type 3” bisa klik link disamping. Disana juga tersedia contoh conditional sentence type 2 maupun type 3.

baca juga : conditional sentence type 2 dan conditional sentence type 3

Fungsi dan Kegunaan Conditional Sentence Type 1

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Conditional Sentence Type 1 ini merujuk pada suatu keadaan atau tindakan di masa yang akan datang. Dimana suatu tindakan tersebut dapat terjadi jika memenuhi suatu syarat tertentu. Kita tidak dapat mengetahuinya secara pasti apakah tindakan tersebut dapat terjadi atau tidak. Akan tetapi pada kondisi ini peluang untuk dapat terjadi sangat realistis atau cukup besar. Berikut adalah contoh kalimat conditional sentence nya agar lebih mudah dipahami.

Contoh: If I meet Sally next day, I’ll send her an invitation card.

Pada kasus ini, aku ingin memberikan kartu undangan kepada sally namun hal itu dapat terwujud dengan suatu syarat. Apa itu? Yaitu jika aku bertemu sally. Akan tetapi aku tidak bisa memberi sally surat jika aku tidak bertemu dengannya. contoh kalimat conditional sentence type 1 lainnya bisa dilihat dibawah.
Contoh: If Han has the money, he will buy a computer.

Saya sangat tahu bagaimana sifat han. Dia senang sekali bermain game online. Tiap hari ia menabung uangnya untuk keperluan game. Maka tidak heran jika ia memiliki uang pasti dia akan membeli sebuah computer.

Rumus Conditional Sentence Type 1

Pola kalimat atau rumus if pada type 1 adalah sebagai berikut. Untuk pengingat saja saya sediakan kembali table ini..
Dependent Clause
Main Clause
IF + SIMPLE PRESENT,
1.    S + V1 + O/C
2.    S + V1 S/ES/IES + O/C
3.    S + TOBE [is/am/are] + C

SIMPLE FUTURE.
S + WILL + V1/BE + O/C
selain will, kita bisa juga pakai modal yang lain seperti can/may/should.
Main Clause
Dependent Clause
SIMPLE FUTURE +
IF + SIMPLE PRESENT.
Pada dasarnya seperti yang telah digambarkan pada tabel di atas, terdapat dua klausa dalam sebuah kalimat pengandaian. Klausa Terikat / Dependent Clause dan Klausa Bebas / Independent Clause. Anda sebenarnya bebas untuk meletakkan yang mana dulu. Anda dapat memulai dari dependent clause kemudian dilanjutkan dengan independent clause. Contoh : simple future + if + simple present atau if + simple present , simple future.

Berhubupgan dengan Simple Present Tense, yang ada di klausa terikat, saya tampilkan beberapa rumus yang mungkin dapat dipakai.
  1.  Jika Subjek dari kalimatnya adalah salah satu dari (I, YOU, THEY, WE, ATAU KATA BENDA JAMAK) dan memiliki kata kerja [VERBAL SENTENCE] maka rumus inilah yang kita pakai. Contoh: If they study hard, they will pass the next exam.
  2. Jika Subjek dari kalimatnya adalah salah satu dari (SHE, HE, IT, ATAU KATA BENDA TUNGGAL) dan memiliki kata kerja [VERBAL SENTENCE] maka rumus inilah yang kita pakai. Contoh: If Sheila studies hard, she will pass the next exam.
  3. Siapapun Subjeknya, jika tidak memiliki kata kerja [NOMINAL SENTENCE] maka kita harus memakai TOBE dan rumus inilah yang harus kita pakai. Contoh: If Sheila ishere tomorrow, she will meet her twin.

Temen-temen dapat memberikan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 
Terima Kasih !!


Bagaimana? Apakah sudah lebih memahami tentang conditional sentence type? Saya berharap kita dapat memahaminya bersama-sama. Semoga artikel contoh conditional sentence type 1 ini dapat bermanfaat bagi kita. Terima kasih