Sunday 4 June 2017

Memahami Conditional Sentence Type 1 2 dan 3 Beserta Faktanya.

contoh conditional sentence type 1 2 dan 3 beserta faktanya
Contoh Conditional Sentence type 1 2 dan 3 beserta faktanya- Haii teman-teman mungkinkah kalian pernah mendengar tentang conditional sentence? Atau kalian sedang mempelajari conditional sentence sekarang? Jika iya, maka kalian datang pada blog yang tepat. Kali ini primalangga akan mengupas tuntas tentang conditional sentence type 1 2 dan 3 beserta faktanya. 

Jika kalian ingat tentang macam-macam conditional sentence mulai dari conditional sentence type 0 hingga conditional sentence type 3. Penggunaan conditional sentence ini sangat berguna ketika kita sedang berada dalam masyarakat. Berbicara hal-hal yang menjadi pengandaian bagi diri kalian. Misalnya “ketika besar nanti saya akan menjadi dokter”, atau bisa juga tentang pengandaian yang tidak mungkin terjadi misalnya “ andai saja aku tadi tidak terlambat, pasti guru tidak akan marah” faktanya aku tadi telat sehingga guru marah.
Kalimat kedua diatas merupakan contoh kalimat conditional sentence type 2 beserta faktanya. Tentu tidak hanya sebatas itu saja. Untuk lebih mudahnya pada pembahasan ini mimin juga menambahkan contoh soal conditional sentence type 1 2 dan 3. Mari kita langsung saja simak ya…! 

Pengertian Conditonal Sentence


Conditional Sentence atau bisa juga disebut dengan if clause. Kaliamat ini bermakna “ kalimat pengandaian” jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Pengandaian ini digunakan berdasarkan kondisi tertentu. Terdapat beberapa pengandaian yang bisa saja terjadi atau bahkan mustahil untuk terjadi. Di Indonesia sendiri umumnya di pelajari 3 pola kalimat if clause yaitu type 1, type 2 dan type 3.

Conditional Sentence Type 1


a.Type 1 merupakan If clause / pengandaian yang akan atau mungkin saja terjadi di masa depan. Dimana pola kalimatnya berbicara tentang hal-hal yang akan terjadi dimasa depan. Seperti, ketika besar ingin menjadi guru, atau nanti malam ingin menonton bola jika tidak hujan. Kalimat tersebut merupakan yang paling umum digunakan untuk conditional sentence type 1. Sebagai catatan saja, masa depan bukan berarti 5 tahun ke depan atau 10 tahun ke depan. Bisa saja 2 menit lagi, nanti malam atau bisa saja besok,

b.pola kalimat conditional sentence type 1
Dependent Clause
Main Clause
IF + SIMPLE PRESENT,
S + V1 + O/C
S + V1 S/ES/IES + O/C
S + TOBE [is/am/are] + C
SIMPLE FUTURE.
S + WILL + V1/BE + O/C
SELAIN WILL, KITA BISA JUGA PAKAI MODAL YANG LAIN SEPERTI CAN/MAY/SHOULD.
Main Clause
Dependent Clause
SIMPLE FUTURE +
IF + SIMPLE PRESENT.
Contoh conditional sentence type 1 : If I find his pen, I’ll give it to him next time. 
fakta conditional sentence type 1 : Fakta dari if clause type 1 ditulis dalam simple present dan biasanya menggunakan, possible, probably, may. Jadi fakta untuk kalimat diatas yaitu : i probably give his book next time
lebih jauh tentang :  conditional sentence type 1

Conditional Sentence Type 2


a. Type 2 merupakan If clause / pengandaian yang mana suatu tindakan mungkin saja terjadi pada masa sekarn namun kemungkinannya sangatlah kecil. Atau bisa saja  if clause tipe ini digolongkan sebagai if clause yang tidak mungkin terjadi di masa sekarang.  Jadi ketika kalian menggunakan if clause tipe ini maka dipastikan anda sedang berangan angan. Berharap hal tersebut terjadi namun dengan kemungkinan yang sangat kecil. Contohnya beginin pada saat itu sedang terjadi pertandingan bola kesayangan kalian, akan tetapi hujan sangat lebat sehingga orang tua kalian melarang untuk pergi. Maka kalian akan melakuakan pengandaian seperti ini “Andai saja hujannya reda, pasti aku akan menonton sepak bola” apakah hujannya tidak akan reda? Tentu saja mungkin hujannya akan reda. Namun karena hujannya sangat lebat maka kemungkinannya sangat kecil. Kalau pun reda pasti pertandingannya sudah selesai. Nah, dengan keadaan seperti ini sering diidentifikasikan dengan keadaan yang tidak mungkin terjadi, Pada kondisi seperti inilah biasanya if clause / pengandaian tipe 2 ini dipakai.


b. Pola kalimatnya adalah sebagai berikut:
Dependent Clause
Main Clause
IF + SIMPLE PAST,
S + V1 + O/C
S + TOBE [WERE] + C

PAST FUTURE.
S + WOULD  + V1/BE + O/C
SELAIN WOULD, KITA BISA JUGA PAKAI MODAL YANG LAIN SEPERTI COULD/MIGHT/SHOULD.
Main Clause
Dependent Clause
PAST FUTURE +
IF + SIMPLE PAST.

c. Contoh conditional sentence type 2 : If you came to the park now, you would meet Rina.

d. Fakta conditional sentence type 2 : dalam if clause tipe ini, faktanya dituliskan menggunakan past tense. Terlebih lagi fakta dalam type ini berlawanan dengan keadaan conditionalnya. Jadi fakta dari kalimat diatas adalah : You don’t come to the park now, so you don’t meet Rina.
lebih jauh tentang : conditional sentence type 2

Conditional Sentence type 3


a. Type 3 merupakan If clause / pengandaian yang mana keadaan dalam tipe ini sudah TIDAK mungkin lagi terjadi , mengapa? Karena pada dasarnya conditional sentence type 3 merupakan pengandaian yang sudah terjadi di masa lalu yang sudah tidak dapat terulang kembali. Contohnya saja 2 minggu yang lalu sekolah kalian sedang melakukan ujian kenaikan kelas dan hari ini kalian menerima rapor dengan nilai yang kurang baik karena kurangnya persiapan. maka kalian dapat berandai seperti ini “ andai saja aku belajar dengan baik, pasti nilaiku tidak akan seperti ini

b. Pola kalimatnya adalah sebagai berikut.

Dependent Clause
Main Clause
IF + PAST PERFECT,
S + HAD + V3/BEEN + O/C
PAST FUTURE PERFECT.
S + WOULD  + HAVE + V3/BEEN + O/C
SELAIN WOULD, KITA BISA JUGA PAKAI MODAL YANG LAIN SEPERTI COULD/MIGHT/SHOULD.
Main Clause
Dependent Clause
PAST FUTURE PERFECT
IF + PAST PERFECT.

c. Contoh conditional sentence type 3: If I had studied well before I took the exam last week, I would have got good mark.

d. Fakta conditional sentence type 3 : fakta dalam kalimat ini juga ditulis dalam past tense. Dan juga harus berlawanan dengan conditonalnya. Jadi jika faktanya ditulis bisa menjadi seperti ini: I didin’t study well before I took the exam last week, so I didn’t get good mark.
lebih jauh tentang : conditional sentence type 3

Contoh Conditional sentence type 1 2 dan 3 beserta Faktanya 


Sebagai tambahan dan refrensi saja, berikut ini beberapa contoh kalimat pengandaian beserta faktanya agar menambah pemahaman dalam penjelasan diatas.


TYPE 1
  1. If I have a day off from work, I will go to the beach. FACT: I may go to the beach in my free time.
  2. If the weather is nice tomorrow, she will go to my house. FACT: She is possible to go to my house tomorrow.
  3. If I go to my friend's house for dinner tonight, I will take some flowers. FACT: I may take some flowers from my friend’s house.
  4. will read  the newspaper if  the TV programs are not interesting. FACT: I may read the newspaper because TV programs are not interesting.
  5. Jerry will help me with my homework if he has time. FACT: Jerry may help me with my home work.
TYPE 2


  1. I am busy next week. If I had enough time, I would come to your party. FACT: I don’t have enough time so I can't come.
  1. Jerry would help me with my homework next week if he didn't have to work. FACT: He does have to work next week
  2. If I had a day off now, I would go to the beach. FACT: I don't have a day off from work so don’t go to the beach.Atau biasanya dituliskan  I don't have a day off from work. 
TYPE 3
  1. would have read more as a child if I hadn't watched so much TV. FACT: I didn’t read more as a child, because I watched so much TV
  2. Sheena would have traveled around the world if Sheena had had more money. FACT: Sheena didn't have much money, so Sheena never traveled.
  3. If I had owned a car, I would have driven to work. FACT: I didn't own a car, so I took the bus. / I didn't own a car, so I didn’t drive to school.

Temen-temen dapat memberikan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 
Terima Kasih !!

Jadi cukup sekian ya tentang Conditional Sentence Type 1, Conditional Sentence Type 2, Conditional Sentence Type 3, dan contoh conditional sentence beserta faktanya. Semoga dapat membantu kita untuk terus belajar dan memahaminya. Sekian terima kasih.