Wednesday, 5 July 2017

Materi, Soal dan Pembahasan USM PKN STAN 2017

 


Materi, Soal dan Pembahasan USM PKN STAN 2017
Heyy... gimana nih para STANers? sudah ada persiapan belum untuk masuk STAN? Sekarang banyak sekali temen-temen yang berbondong-bondong untuk masuk STAN yang membuat persaingan semakin ketat.

Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN terdiri dari 2 tahap:

Tahap I: Tes Tertulis

Tahap II: Tes Fisik & Wawancara

Tahap III: Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Tes Tertulis USM STAN terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI), dengan jumlah soal TPA 120 soal dengan waktu pengerjaan total 100 menit, dan jumlah soal TBI 60 soal dengan waktu pengerjaan total 50 menit. Tiap soal benar bernilai 4 poin, tidak diisi 0 dan salah -1 poin.
Apabila lo lolos seleksi tahap I, maka akan ada seleksi tahap II yaitu tes fisik dan wawancara. Yang diujikan dalam tes fisik USM PKN STAN adalah lari selama 12 menit dan suttle run (lari membentuk angka 8). Udah itu aja. Sedangkan tes wawancara nanti akan menanyakan pendapat serta motivasimu tentang STAN atau hal-hal lainnya yang berkaitan.

Nah mulai tahun 2016 kemarin, terdapat satu tahap lagi dalam USM STAN yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD). TKD merupakan tes untuk menjadi CPNS, jadi setelah lulus, lo ga akan dites lagi dan otomatis menjadi CPNS.

Materi Tes Tertulis USM PKN STAN terdiri dari TPA dan TBI. Secara umum sih soal TPA ga terlalu sulit, namun tantangannya disini adalah waktu pengerjaan yang sangat singkat. Jumlah soal TPA 120 soal dan lo cuma dikasih waktu 100 menit. Kalo dirata-rata, jatah per soal kurang 50 detik. Gile ga tuh?

Sedangkan soal TBI tingkat kesulitannya di atas materi bahasa inggris SMA. TBI ini akan menguji bener kemampuan grammar dan pengetahuan vocab lo. Dari pengalaman gue ngadain try out sih, kebanyakan anak yang mendapat nilai mati, karena nilainya kurang di TBI ini.

TPA dan TBI ini nanti pengerjaannya terpisah, dengan ada jeda waktu pengerjaan sekitar 15-30 menit diantaranya. Sebagai gambaran, berikut ini pembagian materi TPA dan TBI USM PKN STAN

Nah berikut ini mimin mau sharing aja seputar soal usm stan 2015, soal stan dan pembahasan pdf, soal stan 2016 pdf, soal usm pkn stan 2017,soal bahasa inggris stan dan pembahasannya dan masih banyak lagi. silakan ya dinikmati dan semoga berhasil

Kumpulan Soal dan Pembahasan USM PKN STAN








7. UJIAN TULIS STAN

13 comments

  1. Makasih info nya, Gan.. Sangat membantu
    do'a kan saya Gan, Supaya tahun 2018 nanti saya bisa masuk dan lolos di PKN STAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya senang juga bisa membantu, semoga sukses ya..!

      Delete
  2. Kak, emang berlaku nilai minus ya? Setau aku berlakunya nilai mati deh. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasarkan pengalaman salah satu admin sih ya. kalau nilai minus pasti mati, kenapa? TBI itu harus dijawab BENAR sebanyak 20 soal minimal. dan TPA 40 soal dengan BENAR minimal. kalau total nilai minus, pasti jadi nilai mati.

      Delete
    2. kwkwkwkwk, nilai minus yg dimaksud (-1) nya kali dek, wkwk ada ada aja

      Delete
  3. terimakasih banyak, sangat membantu sekali untuk saya yang InsyaAllah 2019 ikut USM PKN STAN:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat ya, semoga dapat lulus pada jurusan yang diinginkan.

      Delete
  4. terima kasih bang, amat bermanfaat (Y)

    ReplyDelete
  5. oke bro sama sama, selamat kalau sudah lolos STANnya..

    ReplyDelete