Strategi Jitu, 9 Cara Untuk LOLOS SNMPTN 2017 - Primalangga -->

Tips Lolos SNMPTN 2017
Tips lulus SNMPTN 2017


Ketika masih smp kita ingin melanjutkan sekolah kita ke sma, begitu pula ketika sudah sma. Namun ketika sma kita malah bingung “mau ke ptn atau universitas mana selanjutnya?” memang setiap orang memiliki tujuan masing-masing hal itulah yang membuat mereka memilih ptn yang berbeda beda sesuai dengan apa yang mereka inginkan nantinya.


Ketika menjelang akhir kelulusan muncul permasalahan baru, yaitu bagaimana cara masuk ptn yang kita inginkan. Sebenarnya ada 4 cara untuk dapat meraih atau masuk ptn yaitu : SNPMTN, SBMPTN, UM. Namun disini saya akan hanya akan membahas tentang SNMPTN.


Untuk mendapatkan tiket SNPMTN maka kalian harus bersaing dengan teman-teman seangkatan kalian. Lebih menguntungkan jika sekolah kalian merupakan sekolah terakreditasi A karena hal itu dapat memperbesar peluang kalian untuk masuk. Karena kuotanya adalah 75% dari total siswa satu angkatan dengan jurusan yang sama.

Kali ini primalangga akan berbagi tips cara lolos SNMPTN 2017, mengingat SNMPTN sangat menguntukan bagi kalian. Karena dengan snmptn kalian tidak perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi tes SBMPTN yang memang sangat-sangat sulit. Berikut saya jabarkan

Cara dan Tips Masuk SNMPTN 2017 


a. Nilai Rapor


SNMPTN tentunya menggunakan nilai rapot untuk seleksinya. Usahakan nilai kalian stabil cenderung naik tiap semesternya. syarat nilai rapor snmptn 2017 atau sebelumya relativ sama.  Nilai rapor yang digunakan untuk seleksi itu dari semester 3 sampai 5 (kelas 12 semester 1). Tapi nilai rapot yang tinggi bukan jaminan kalian akan lolos SNMPTN. Kenapa? Baca Nilai rapot besar bukan jaminan lolos SNMPTN.

Jika ada yang bertanya “berapa nilai yang dibutuhkan supaya bisa lolos SNMPTN?” Menurut saya minimal rata-rata kalian diatas 85. rata-rata nilai rapor undangan ui pasti berbeda dega its jadi tergantung ptn mana yang anda pilih.

Yang terpenting adalah rapor kalian harus stabil dulu. Stabil dalam artian terus naik setiap semesternya. Hal itu berguna untuk kalian lolos seleksi tahap sekolah dahulu. Setelah kalian dapat lolos baru lah kalian akan bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang memilih ptn yang sama.
Jadi bagi kalian yang masih kelas 10 atau 11, teruslah tingkatkan nilai rapor anda.

Yang terpenting untuk mendapatkan nilai rapor tinggi adalah kalian harus mendapatkan nilai bagus dalam ujian tengah semester dan ujian akhir semester karena nilai pada kedua ulangan ini tidak dibagi lagi dan akan langsung masuk dalam rapor guru terkait. Berbeda dengan tugas dan ulangan harian yang apa bila nila kalian jelek maka untuk memperbaiki rata-rata kalian harus meningkatkan nilai selanjutnya.


b. Jumlah Peminat dan Daya Tampung


Dalam pemilihan Prodi di SNMPTN usahakan kalian melihat  jumlah peminat dan daya tampung jurusan. Kalian bisa melihat Jumlah Peminat dan Daya Tampung di laman SNMPTN. Pastikan kalian melihat jurusan dengan daya tampung yang cukup banyak dan jumlah peminat yang sedikit, ini akan memperbesar peluang kalian untuk lolos. Jika ada yang masih bingung menentukan pilihan jurusan bisa baca review dan prospek kerja jurusan.

Tetapi kalian juga harus mempertimbangkan minat kalian juga, jangan sampai kalian masuk prodi yang sebenarnya anda tidak suka. Jadi untuk apa dapat masuk jika pada akhirnya kalian menjadi tidak semangat karena sebenarnya terpaksa memilih prodi tersebut.


c. Pemilihan Universitas


Tiap tahun pasti akan muncul beberapa universitas dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak. Usahakan kalian tidak memilih universitas-universitas tersebut di SNMPTN karena akan memperkecil peluang untuk lolos. Jangan lupa tanyakan pada BK,PTN mana saja yang memiliki hubungan baik dengan SMA kalian,hal ini juga akan memperbesar kemungkinan diterima SNMPTN.

Jangan membuat pilihan yang konyol misalnya kalian akan ke UGM,ITS dan UNAIR misalnya. Itu adalah pilihan yang memiliki peluang yang sangat kecil untuk dapat lolos. Konsultasi lah dengan guru BK kalian yang memiliki pengetahuan tentang hal pemilihan universitas yang tepat dan cocok untuk kalian.

Namun bagi kalian yang memang yakin dengan nilai yang dimiliki misal kalian adalah peringkat 10 besar pararel di sekolah atau memilik kemampuan dalam bidak eksak dengan nilai diatas rata-rata saya rasa lebih baik memang harus mengejar apa yang sebenarnya kalian inginkan.



d. Alumni


Banyak yang bilang jumlah alumni di suatu universitas juga mempengaruhi peluang kita untuk lolos. Tentunya alumni yang berprestasi dan satu jurusan dengan yang kita pilih. Cara ini sudah digunakan dan terbukti bisa meloloskan ke PTN melalui jalur SNMPTN. Entah kebetulan atau memang “alumni” menjadi factor penting dalam proses seleksi.

Kalian bisa meminta data kakak kelas yang diterima SNMPTN tahun sebelumnya ke BK dan kalian juga bisa bertanya bagaimana prestasi kakak kelas tersebut. Jika IPK alumni sekolah kita tinggi maka itu memperbesar peluang kita masuk dalam PTN tersebut.

Selain memberikan kesan baik, alumni juga dapat memberikan kesan buruk. Terdapat beberapa universitas yang mem-blacklist sekolah tertentu karena terdapat beberapa masalah dengan alumni dengan sekolah yang bersangkutan. Jadi jika sudah seperti ini, kalian tidak dapat masuk dengan jalur SNMPTN


e. Persaingan Tingkat Sekolah


Dalam satu sekolah mungkin akan ada lebih dari 200 orang yang mengikuti SNMPTN, pasti ada beberapa siswa yang memilih prodi dan universitas yang sama. Sekarang pertanyaanya, apa mungkin dalam satu sekolah akan ada siswa yang diterima dengan pilihan yang sama?

Hal itu bisa terjadi namun kemungkinanya cukup kecil. Sebagai contoh, tahun 2015 di sekolah saya ada 72 siswa yang diterima SNMPTN, hanya 4 orang yang sukses masuk dengan pilihan yang sama, 2 orang di jurusan A dan 2 orang di jurusan B.

Tips dari saya jika kalian ingin memilih prodi usahakan di sekolah hanya kalian yang memilih. Jika ada yang sama dan nilainya lebih besar saya sarankan untuk mengganti pilihan prodi karena kalian akan kalah dalam persaingan tingkat sekolah.

Abdur
Pil. 1: Teknik Elektro Universitas A
Pil.2 : Teknik Sipil Universitas A
Pil.3 : Teknik Elektro Universitas B

Budi
Pil. 1: Teknik Industri Universitas A
Pil.2 : Teknik Elektro Universitas A

Budi memiliki nilai yang lebih tinggi dari Abdur, tapi Budi akan sulit masuk teknik elektro universitas A karena temanya Abdur sudah memilih Teknik elektro di pilihan pertama.

f. Hasil Simulasi SNMPTN


Sebelum simulasi snmptn 2017 resmi dibuka banyak situs-situs atau lembaga bimbingan belajar yang melakukan uji coba/simulasi SNMPTN. Saya pernah mengikuti simulasi SNMPTN dari sebuah bimbingan belajar yang cukup terkemuka. Nantinya kita disuruh untuk memasukan nilai rapot dan pilihan jurusan.

Saat itu saya memilih 6 jurusan di 2 universitas dan hasilnya saya hanya lolos di 2 jurusan. Lalu satu dari dua jurusan tersebut saya pilih untuk pendaftaran SNMPTN dan ternyata benar membuat saya lolos SNMPTN 2015. Saran saya ketika ada simulasi SNMPTN ikutilah dengan sebaik mungkin. Dengan begitu kalian dapat mengukur sampai mana kemampuan anda.



g. Sertifikat hasil Prestasi


inilah salah satu hal terpenting dalam SNMPTN yang merupakan cara lolos SNMPTN 2017, karena presatasi ini sedikit banyak dapat menambah peluang anda untuk lolos SNMPTN. Jjka kalian memiliki kesempatan maka usahakanlah untuk mengikuti perlombaan yang menjadi bidang anda.

Jangan tanamakan pada diri anda bahwa mengikuti lomba hanya untuk mencari pengalaman saja. “ahh gapapa kalah, biar nambah pengalaman” ini yang sering saya dengar dari teman-teman saya. Dan akhirnya yang mereka dapat hanya pengalaman saja selama lombanya. Yang perlu anda ingat adalah mengikuti perlombaan itu untuk mencari kemenangan bukan pengalaman. Okelah pengalaman, tapi saya rasa cukup sekali saja.

Kumpulkan sertifikat anda apapun, karena itu dapat membantu anda tentunya jika predikat yang anda dapat adalah finalis lebih-lebih juara. Namun ada juga beberapa ptn yang mengadakan lomba dan anda mendapatkan sertifikat semifinalis dari lomba itu maka biasanya akan diperhitungkan juga.

Saat pendaftaran SNMPTN kalian bisa memasukan maksimal 3 piagam. Jika kalian memiliki lebih dari 3 saya sarankan untuk memasukan yang tingkatnya paling tinggi. Seperti tingkat kota, nasional atau internasional. Saya tidak tahu seberapa berpengaruhnya prestasi di SNMPTN,tapi hal ini mungkin menjadi poin plus bagi kalian. Di SNMPTN 2016 saya memasukkan dua sertifikat finalis dan satu sertifikat penghargaan bisnis dan alhasil saya lolos di SNMPTN 2016.


h. Lomba di PTN Pilihan


seperti yang sudah saya katakan diatas, jadi misalnya ITS menyelenggarakan lomba dan anda inngin masuk ITS maka saya sarankan anda untuk mengikutinya karena sertifikat yang anda dapatkan dapat digunakan.
Beberapa PTN akan memprioritaskan para siswa SMA yang pernah mengikuti lomba di PTN tersebut ,meskipun lomba di jurusan yang berbeda. Saya sendiri mengikuti lomba jurusan Psikologi dan Bahasa Indonesia, sedangkan saya mendaftar di jurusan Fisika.

i. Berdoa


ini adalah hal yang tidak boleh kalian lupakan. Memang tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubahnya sendiri. Namun apa gunanya usaha tanpa doa adalah kesombogan. Berdoalah agar tuhan memberikan apa yang kalian inginkan. Karena sesungguhnya tuhan mengetahui apa yang terbaik buat kalian.

Tahu dimanakah seharusnya kalian bersekolah. Jadi persiapkan juga diri kalian ketika apa yang kalian dapatkan tidak sesuai dengan keinginan kalian


Jadi kesimpulannya adalah kalian harus pandai pandai mencari peluang untuk dapat lolos SNMPTN. Jadi artikel cara lolos SNMPTN 2017 diatas adalah gambaran secara umum, mungkin guru BK kalian lebih mengerti dan mempunya tips masuk SNMPTN karena tentu mereka telah memiliki pengalaman dalam bidang ini.

Mungkin cukup sekian dulu artikel ini, saya berharap pembaca dapat memanfaatkan kesempatan dan dapat di terima di ptn masing-masing. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat maka anda dapat melakukan share, +1 atau pun tinggalkan komentar yang baik dan semacamnya agar berguna bagi sesama. Karena 1 share dari anda sangat berarti bagi saya. Terima kasih

Strategi Jitu, 9 Cara Untuk LOLOS SNMPTN 2017

PENGUMUMAN

KUNCI JAWABAN MANDIRI K13N SMA KELAS 10-12 LENGKAP. KLIK DISINI.!


Tips Lolos SNMPTN 2017
Tips lulus SNMPTN 2017


Ketika masih smp kita ingin melanjutkan sekolah kita ke sma, begitu pula ketika sudah sma. Namun ketika sma kita malah bingung “mau ke ptn atau universitas mana selanjutnya?” memang setiap orang memiliki tujuan masing-masing hal itulah yang membuat mereka memilih ptn yang berbeda beda sesuai dengan apa yang mereka inginkan nantinya.


Ketika menjelang akhir kelulusan muncul permasalahan baru, yaitu bagaimana cara masuk ptn yang kita inginkan. Sebenarnya ada 4 cara untuk dapat meraih atau masuk ptn yaitu : SNPMTN, SBMPTN, UM. Namun disini saya akan hanya akan membahas tentang SNMPTN.


Untuk mendapatkan tiket SNPMTN maka kalian harus bersaing dengan teman-teman seangkatan kalian. Lebih menguntungkan jika sekolah kalian merupakan sekolah terakreditasi A karena hal itu dapat memperbesar peluang kalian untuk masuk. Karena kuotanya adalah 75% dari total siswa satu angkatan dengan jurusan yang sama.

Kali ini primalangga akan berbagi tips cara lolos SNMPTN 2017, mengingat SNMPTN sangat menguntukan bagi kalian. Karena dengan snmptn kalian tidak perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi tes SBMPTN yang memang sangat-sangat sulit. Berikut saya jabarkan

Cara dan Tips Masuk SNMPTN 2017 


a. Nilai Rapor


SNMPTN tentunya menggunakan nilai rapot untuk seleksinya. Usahakan nilai kalian stabil cenderung naik tiap semesternya. syarat nilai rapor snmptn 2017 atau sebelumya relativ sama.  Nilai rapor yang digunakan untuk seleksi itu dari semester 3 sampai 5 (kelas 12 semester 1). Tapi nilai rapot yang tinggi bukan jaminan kalian akan lolos SNMPTN. Kenapa? Baca Nilai rapot besar bukan jaminan lolos SNMPTN.

Jika ada yang bertanya “berapa nilai yang dibutuhkan supaya bisa lolos SNMPTN?” Menurut saya minimal rata-rata kalian diatas 85. rata-rata nilai rapor undangan ui pasti berbeda dega its jadi tergantung ptn mana yang anda pilih.

Yang terpenting adalah rapor kalian harus stabil dulu. Stabil dalam artian terus naik setiap semesternya. Hal itu berguna untuk kalian lolos seleksi tahap sekolah dahulu. Setelah kalian dapat lolos baru lah kalian akan bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang memilih ptn yang sama.
Jadi bagi kalian yang masih kelas 10 atau 11, teruslah tingkatkan nilai rapor anda.

Yang terpenting untuk mendapatkan nilai rapor tinggi adalah kalian harus mendapatkan nilai bagus dalam ujian tengah semester dan ujian akhir semester karena nilai pada kedua ulangan ini tidak dibagi lagi dan akan langsung masuk dalam rapor guru terkait. Berbeda dengan tugas dan ulangan harian yang apa bila nila kalian jelek maka untuk memperbaiki rata-rata kalian harus meningkatkan nilai selanjutnya.


b. Jumlah Peminat dan Daya Tampung


Dalam pemilihan Prodi di SNMPTN usahakan kalian melihat  jumlah peminat dan daya tampung jurusan. Kalian bisa melihat Jumlah Peminat dan Daya Tampung di laman SNMPTN. Pastikan kalian melihat jurusan dengan daya tampung yang cukup banyak dan jumlah peminat yang sedikit, ini akan memperbesar peluang kalian untuk lolos. Jika ada yang masih bingung menentukan pilihan jurusan bisa baca review dan prospek kerja jurusan.

Tetapi kalian juga harus mempertimbangkan minat kalian juga, jangan sampai kalian masuk prodi yang sebenarnya anda tidak suka. Jadi untuk apa dapat masuk jika pada akhirnya kalian menjadi tidak semangat karena sebenarnya terpaksa memilih prodi tersebut.


c. Pemilihan Universitas


Tiap tahun pasti akan muncul beberapa universitas dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak. Usahakan kalian tidak memilih universitas-universitas tersebut di SNMPTN karena akan memperkecil peluang untuk lolos. Jangan lupa tanyakan pada BK,PTN mana saja yang memiliki hubungan baik dengan SMA kalian,hal ini juga akan memperbesar kemungkinan diterima SNMPTN.

Jangan membuat pilihan yang konyol misalnya kalian akan ke UGM,ITS dan UNAIR misalnya. Itu adalah pilihan yang memiliki peluang yang sangat kecil untuk dapat lolos. Konsultasi lah dengan guru BK kalian yang memiliki pengetahuan tentang hal pemilihan universitas yang tepat dan cocok untuk kalian.

Namun bagi kalian yang memang yakin dengan nilai yang dimiliki misal kalian adalah peringkat 10 besar pararel di sekolah atau memilik kemampuan dalam bidak eksak dengan nilai diatas rata-rata saya rasa lebih baik memang harus mengejar apa yang sebenarnya kalian inginkan.



d. Alumni


Banyak yang bilang jumlah alumni di suatu universitas juga mempengaruhi peluang kita untuk lolos. Tentunya alumni yang berprestasi dan satu jurusan dengan yang kita pilih. Cara ini sudah digunakan dan terbukti bisa meloloskan ke PTN melalui jalur SNMPTN. Entah kebetulan atau memang “alumni” menjadi factor penting dalam proses seleksi.

Kalian bisa meminta data kakak kelas yang diterima SNMPTN tahun sebelumnya ke BK dan kalian juga bisa bertanya bagaimana prestasi kakak kelas tersebut. Jika IPK alumni sekolah kita tinggi maka itu memperbesar peluang kita masuk dalam PTN tersebut.

Selain memberikan kesan baik, alumni juga dapat memberikan kesan buruk. Terdapat beberapa universitas yang mem-blacklist sekolah tertentu karena terdapat beberapa masalah dengan alumni dengan sekolah yang bersangkutan. Jadi jika sudah seperti ini, kalian tidak dapat masuk dengan jalur SNMPTN


e. Persaingan Tingkat Sekolah


Dalam satu sekolah mungkin akan ada lebih dari 200 orang yang mengikuti SNMPTN, pasti ada beberapa siswa yang memilih prodi dan universitas yang sama. Sekarang pertanyaanya, apa mungkin dalam satu sekolah akan ada siswa yang diterima dengan pilihan yang sama?

Hal itu bisa terjadi namun kemungkinanya cukup kecil. Sebagai contoh, tahun 2015 di sekolah saya ada 72 siswa yang diterima SNMPTN, hanya 4 orang yang sukses masuk dengan pilihan yang sama, 2 orang di jurusan A dan 2 orang di jurusan B.

Tips dari saya jika kalian ingin memilih prodi usahakan di sekolah hanya kalian yang memilih. Jika ada yang sama dan nilainya lebih besar saya sarankan untuk mengganti pilihan prodi karena kalian akan kalah dalam persaingan tingkat sekolah.

Abdur
Pil. 1: Teknik Elektro Universitas A
Pil.2 : Teknik Sipil Universitas A
Pil.3 : Teknik Elektro Universitas B

Budi
Pil. 1: Teknik Industri Universitas A
Pil.2 : Teknik Elektro Universitas A

Budi memiliki nilai yang lebih tinggi dari Abdur, tapi Budi akan sulit masuk teknik elektro universitas A karena temanya Abdur sudah memilih Teknik elektro di pilihan pertama.

f. Hasil Simulasi SNMPTN


Sebelum simulasi snmptn 2017 resmi dibuka banyak situs-situs atau lembaga bimbingan belajar yang melakukan uji coba/simulasi SNMPTN. Saya pernah mengikuti simulasi SNMPTN dari sebuah bimbingan belajar yang cukup terkemuka. Nantinya kita disuruh untuk memasukan nilai rapot dan pilihan jurusan.

Saat itu saya memilih 6 jurusan di 2 universitas dan hasilnya saya hanya lolos di 2 jurusan. Lalu satu dari dua jurusan tersebut saya pilih untuk pendaftaran SNMPTN dan ternyata benar membuat saya lolos SNMPTN 2015. Saran saya ketika ada simulasi SNMPTN ikutilah dengan sebaik mungkin. Dengan begitu kalian dapat mengukur sampai mana kemampuan anda.



g. Sertifikat hasil Prestasi


inilah salah satu hal terpenting dalam SNMPTN yang merupakan cara lolos SNMPTN 2017, karena presatasi ini sedikit banyak dapat menambah peluang anda untuk lolos SNMPTN. Jjka kalian memiliki kesempatan maka usahakanlah untuk mengikuti perlombaan yang menjadi bidang anda.

Jangan tanamakan pada diri anda bahwa mengikuti lomba hanya untuk mencari pengalaman saja. “ahh gapapa kalah, biar nambah pengalaman” ini yang sering saya dengar dari teman-teman saya. Dan akhirnya yang mereka dapat hanya pengalaman saja selama lombanya. Yang perlu anda ingat adalah mengikuti perlombaan itu untuk mencari kemenangan bukan pengalaman. Okelah pengalaman, tapi saya rasa cukup sekali saja.

Kumpulkan sertifikat anda apapun, karena itu dapat membantu anda tentunya jika predikat yang anda dapat adalah finalis lebih-lebih juara. Namun ada juga beberapa ptn yang mengadakan lomba dan anda mendapatkan sertifikat semifinalis dari lomba itu maka biasanya akan diperhitungkan juga.

Saat pendaftaran SNMPTN kalian bisa memasukan maksimal 3 piagam. Jika kalian memiliki lebih dari 3 saya sarankan untuk memasukan yang tingkatnya paling tinggi. Seperti tingkat kota, nasional atau internasional. Saya tidak tahu seberapa berpengaruhnya prestasi di SNMPTN,tapi hal ini mungkin menjadi poin plus bagi kalian. Di SNMPTN 2016 saya memasukkan dua sertifikat finalis dan satu sertifikat penghargaan bisnis dan alhasil saya lolos di SNMPTN 2016.


h. Lomba di PTN Pilihan


seperti yang sudah saya katakan diatas, jadi misalnya ITS menyelenggarakan lomba dan anda inngin masuk ITS maka saya sarankan anda untuk mengikutinya karena sertifikat yang anda dapatkan dapat digunakan.
Beberapa PTN akan memprioritaskan para siswa SMA yang pernah mengikuti lomba di PTN tersebut ,meskipun lomba di jurusan yang berbeda. Saya sendiri mengikuti lomba jurusan Psikologi dan Bahasa Indonesia, sedangkan saya mendaftar di jurusan Fisika.

i. Berdoa


ini adalah hal yang tidak boleh kalian lupakan. Memang tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubahnya sendiri. Namun apa gunanya usaha tanpa doa adalah kesombogan. Berdoalah agar tuhan memberikan apa yang kalian inginkan. Karena sesungguhnya tuhan mengetahui apa yang terbaik buat kalian.

Tahu dimanakah seharusnya kalian bersekolah. Jadi persiapkan juga diri kalian ketika apa yang kalian dapatkan tidak sesuai dengan keinginan kalian


Jadi kesimpulannya adalah kalian harus pandai pandai mencari peluang untuk dapat lolos SNMPTN. Jadi artikel cara lolos SNMPTN 2017 diatas adalah gambaran secara umum, mungkin guru BK kalian lebih mengerti dan mempunya tips masuk SNMPTN karena tentu mereka telah memiliki pengalaman dalam bidang ini.

Mungkin cukup sekian dulu artikel ini, saya berharap pembaca dapat memanfaatkan kesempatan dan dapat di terima di ptn masing-masing. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat maka anda dapat melakukan share, +1 atau pun tinggalkan komentar yang baik dan semacamnya agar berguna bagi sesama. Karena 1 share dari anda sangat berarti bagi saya. Terima kasih

Load Comments

Dapatkan Pembahasan Terupdate

Notifications

Disqus Logo
close