Terbukti Ampuh, 7 Cara Meraih Sukses di SBMPTN 2017 ! - Primalangga -->
Meraih Sukses SBMPTN 2017

cara untuk lulus SBMPTN 2017

Setelah sebelumnya dibahas cara lolos SNMPTN 2017, maka kali ini akan dibahas tentang tips dan cara untuk lulus SBMPTN 2017. Sebenarnya tidak ada cara atau trick khusus untuk dapat lolos di SBMPTN yang kalian butuhkan hanya kemampuan dan kemauan yang kuat. Karena kemauan yang kuat akan menunjang kemampuan anda untuk terus maju.

“ah, buat SBMPTN tahun depan, persiapannya harus dari sekarang?”  yap !! tentu, berbahagialah kalian jika masih kelas 10 atau 11 masih memiliki banyak kesempatan untuk menunjang kemampuan guna meraih ptn dengan jalur SBMPTN. Karena mungkin bagi yang sudah kelas 12, anda memiliki waktu yang lebih singkat.

Mengapa waktu anda singkat? Ya dikarenakan waktu kalian di kelas 12 secara efektif mungkin hanya 10 bulan terpotong libur dan kegiatan yang lainnya. Terlebih lagi kalian harus mengikuti ujian nasional ataupun usbn yang mana saja sama-sama harus memiliki persiapan yang matang. Anda tidak dapat fokus belajar SBMPTN ketika harus belajar untuk ujian nasional. Untuk itulah harus diingat, waktu anda tidaklah banyak. untuk anda juga perlu tahu tentang informasi SBMPTN 2017.

baca juga : Strategi jitu, 9 Cara untuk Lolos SNMPTN 2017

Cara Meraih Sukses dalam SBMPTN 2017



1. Mempelajari materi SBMPTN sedini mungkin


Siswa kelas 12 bakal relatif santai pada semester 5, namun akan sibuk pada semester 6. Jadi, supaya persiapan SBMPTN 2017 kalian maksimal, kalian harus belajar dari SEKARANG. tidak besok, tidak minggu depan, tidak bulan depan. Tetapi SEKARANG. Minimal, coba mulai kerjakan satu paket soal SBMPTN, supaya kalian punya gambaran soal-soal yang akan kalian hadapi nanti. sebaiknya anda mencari soal dan pembahasan SBMPTN 2016 untuk dijadikan latihan.

Kalau kalian sudah mulai nyicil belajar SBMPTN dari awal semester 5, kalian tidak akan terlalu kerepotan di semester 6 nanti.
“Tapi ‘kan nanti kita menghadapi Ujian Nasional dulu! Kok belajar SBMPTN duluan?”
Karena soal-soal SBMPTN jauh lebih susah daripada soal-soal Ujian Nasional. Pasalnya, materi SBMPTN memerlukan lebih banyak analisis dan pemahaman, sementara materi UN relatif bisa “dihafal”.

Lagipula, kalau kalian sudah menguasai materi SBMPTN, otomatis kalian juga bakal menguasai materi UN, kok. Apalagi materi seleksi mandiri PTN juga tidak terlalu berbeda dari SBMPTN. Jadi lebih untung mempelajari SBMPTN duluan ‘kan?


2. Jangan terlalu berharap pada SNMPTN


Memangnya siapa yang tidak ingin masuk SBMPTN. Semua pasti kepengen. Banyak calon mahasiswa yang akhirnya gagal kuliah karena terlalu berharap mendapat “undangan” dari PTN incarannya, alias lolos SNMPTN. Nah, ketika mereka ternyata gagal mendapat undangan, eeh, waktu sudah terlalu mepet untuk belajar buat SBMPTN atau ujian mandiri universitas.

Asal tahu aja, waktu antara pengumuman SNMPTN dengan ujian SBMPTN biasanya hanya sekitar 2-3 minggu. Trus, seleksi mandiri PTN biasanya diadakan seminggu setelah SBMPTN. Jadi kalau kalian hanya berharap pada SNMPTN tanpa mempersiapkan diri untuk SBMPTN atau seleksi mandiri, wah, itu sih namanya terlalu pede!
Intinya, jangan hanya bergantung kepada jalur SNMPTN, ya. anda setidaknya harus tentang pendaftaran SBMPTN.

Jadi tidak akan rugi ketika kalian mempersiapkan segala sesuatunya diawal. Seperti pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan. Jadi saat nanti hujan baju kalian tidak basah. Sama seperti SBMPTN, ketika seandainya kalian tidak lolos dalam SNMPTN maka setidaknya sudah memiliki persiapan untuk SBMPTN.


3. Menentukan pilihan universitas dan prodi yang tepat


Banyaaak sekali calon mahasiswa yang baru galau dan panik mikirin jurusan dan pilihan kampusnya menjelang pendaftaran SBMPTN.
Padahal proses memilih jurusan dan kampus bukan perkara singkat, lho,. Prosesnya panjang! Tidak bisa hanya ditentukan dengan cap-cip-cup, atau sekedar nurut apa kata orang tua.

Pertama, kalian perlu mengenali diri, minat dan bakat kalian sendiri. Salah satunya dengan ikut tes minat bakat di media internet atau bimbel. Dari situ, tentukan kira-kira apa saja jurusan kuliah yang cocok buat kalian.

Kedua, kalian harus mempelajari berbagai jurusan dan perguruan tinggi yang kira-kira masih masuk akal untuk kalian incar (secara lokasi, biaya, tingkat persaingan, dsb).

Ketiga, kalian harus mendiskusikan hasil renungan dan riset kalian tersebut dengan orang tua, guru BK, kakak kelas, atau orang yang berkompeten.
Baru, deh, kalian MUNGKIN bisa punya gambaran, kira-kira mau masuk jurusan apa dan di kampus mana.

Kalaupun sudah punya gambaran, bukan berarti kalian bakal langsung mantap dan tidak galau, lho.
You see? Proses menentukan jurusan kuliah dan kampus yang cocok untuk kalian bisa memakan waktu berbulan-bulan. Kalau kalian baru mikirin mau masuk jurusan apa 1-2 minggu sebelum pendaftaran SBMPTN, jelas terlalu mepet dan tidak masuk akal.

Kalau kalian mendaftar SNMPTN pun, kalian harus mempertimbangkan jurusan pilihan dengan sebaik mungkin. Agar nantinya tidak sia-sia seperti melepaskan SNMPTNnya karena merasa tidak sesuai dengan jurusan yang didapat. Hal ini akan berimbas pada adik kelas kalian. Karena kemungkinan fakultas tersebut dapat mem-blacklist sekolah kalian.



4. Membuat Timeline dan Tujuan yang akan dicapai


Luangkan waktu sedikit saja untuk membuat jadwal tentang target yang akan anda capai. Misalnya hari senin dari jam 18.00-19.00 anda mengerjakan soal tpa. Kemudian istirahat 10 menit lalu bergerak ke aktivitas belajar selanjutnya.

Tidak perlu lama-lama dalam belajar 1 jam 30 menit saja sudah cukup asalkan anda rutin melaksanakannya. Ketika anda telah melakukan jadwal yang telah dibuat sebelumnya maka yang harus dilakukan adalah menguji hasil usaha anda. Yaitu dengan cara mengerjakan soal sbmptn tahun lalu. Dan lihat sendiri bagaimana hasilnya.



5. Download Soal-soal SBMPTN atau membeli buku SBMPTN


Sudah banyak tersedia di internet soal-soal sbmptn tahun lalu yang dapat anda download secara gratis. Semakin banyak anda latihan maka semakin mahir anda megerjakan soal-soal tipe sbmptn.
Carilah soal yang memiliki kunci jawaban sehingga anda dapat mengetahui kesalahan anda pada soal yang telah dikerjakan.

Namun jika anda malas untuk mencarinya maka cukup membeli saja di toko buku terdekat. Memang jika anda membeli anda akan mendapatkan soal,tips, dan pembahasan yang lebih lengkap. Tapi sebenarnya internet pun memiliki fitur yang sama tapi anda harus sabar dalam mencari pembahasan dan soal-soal yang  bagus.


6. Bagi yang mempunyai banyak uang, Bimbingan belajar sangatlah penting


Rekomendasi lembaga bimbel yang sangat bagus dan terpercaya seperti  Ganesha Operation, Quantum Revolution dan tempat bimbingan yang sesuai dengan budget Anda. Yang saya ketahui bimbel memiliki cara tersndiri dalam menyelesaikan tipe soal sbmptn terutama pada tes potensi akademik.

Anda akan sangat diuntungkan ketika dapat mengikuti bimbel untuk presiapan SBMPTN. Bimbel akan membiasakan anda untuk dapat menyelesaikan soal TPA secara tepat. Mengingat soal TPA memiliki andil besar dalam menetukan nilai akhir yang kalian punya yaitu sekitar 30%

Bagi anda yang tidak mempunyai budget buat bimbel Masuk Negeri menjadi Solusinya
Masuk Negeri adalah website khusus latihan soal SBMPTN. Disana banyak sekali soal yang sangat beragam dan terdapat jawaban juga di dalamnya.



7. Tenang dan Konsentrasi Menjadi Kunci Utama


Dalam pelaksanaan SBMPTN 2017, tenang menjadi hal yang sangat penting untuk menstabilkan emosi Anda saat mengisi soal SBMPTN 2017. Banyak kejadian orang tidak lolos SBMPTN karena terburu-buru dan panik saat mengisi jawaban. Konsentrasi pada soal SBMPTN, dan kerjakanlah soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Jangan mengerjakan soal yang sulit dahulu, karena mau itu soal gampang maupun susah bobot nilainya sama, yaitu 4.

jangan lupa untuk membawa jam tangan fungsinya agar kita bisa mengatur waktu dalam mengisi soal SBMPTN. sesudah anda mengerjakan soal SBMPTN janganlah Anda menanyakan soal-soal yang tadi sudah dikerjakan kepada teman atau siapapun. Tujuannya agar Anda tidak terlalu stress atau jumawa terhadap apa yang telah Anda kerjakan tadi. Lebih baik diam tinggalkan dan lupakan, Go Move On .


        Jangan lupa ketika semuanya telah berakhir maka tutuplah pekerjaan anda dengan berdoa supaya ketika pengumuman nanti anda diberikan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Dan persiapkan juga ketika nanti apa yang anda dapatkan tidak sesuai.

Mungkin cukup sekian artikel tentang tips lolos SBMPTN 2017. Sebenarya tidak ada trik khusus untuk lulus SBMPTN 2017 yang anda butuhkan hanyalah kemampuan dan kemauan yang kuat.
Jika menurut anda artikel ini bermanfaat maka anda dapat share atau pun tinggalkan komentar baik. Karena satu share dari anda sangat berarti bagi saya. Salam sukses!!

Terbukti Ampuh, 7 Cara Meraih Sukses di SBMPTN 2017 !

PENGUMUMAN

KUNCI JAWABAN MANDIRI K13N SMA KELAS 10-12 LENGKAP. KLIK DISINI.!

Meraih Sukses SBMPTN 2017

cara untuk lulus SBMPTN 2017

Setelah sebelumnya dibahas cara lolos SNMPTN 2017, maka kali ini akan dibahas tentang tips dan cara untuk lulus SBMPTN 2017. Sebenarnya tidak ada cara atau trick khusus untuk dapat lolos di SBMPTN yang kalian butuhkan hanya kemampuan dan kemauan yang kuat. Karena kemauan yang kuat akan menunjang kemampuan anda untuk terus maju.

“ah, buat SBMPTN tahun depan, persiapannya harus dari sekarang?”  yap !! tentu, berbahagialah kalian jika masih kelas 10 atau 11 masih memiliki banyak kesempatan untuk menunjang kemampuan guna meraih ptn dengan jalur SBMPTN. Karena mungkin bagi yang sudah kelas 12, anda memiliki waktu yang lebih singkat.

Mengapa waktu anda singkat? Ya dikarenakan waktu kalian di kelas 12 secara efektif mungkin hanya 10 bulan terpotong libur dan kegiatan yang lainnya. Terlebih lagi kalian harus mengikuti ujian nasional ataupun usbn yang mana saja sama-sama harus memiliki persiapan yang matang. Anda tidak dapat fokus belajar SBMPTN ketika harus belajar untuk ujian nasional. Untuk itulah harus diingat, waktu anda tidaklah banyak. untuk anda juga perlu tahu tentang informasi SBMPTN 2017.

baca juga : Strategi jitu, 9 Cara untuk Lolos SNMPTN 2017

Cara Meraih Sukses dalam SBMPTN 2017



1. Mempelajari materi SBMPTN sedini mungkin


Siswa kelas 12 bakal relatif santai pada semester 5, namun akan sibuk pada semester 6. Jadi, supaya persiapan SBMPTN 2017 kalian maksimal, kalian harus belajar dari SEKARANG. tidak besok, tidak minggu depan, tidak bulan depan. Tetapi SEKARANG. Minimal, coba mulai kerjakan satu paket soal SBMPTN, supaya kalian punya gambaran soal-soal yang akan kalian hadapi nanti. sebaiknya anda mencari soal dan pembahasan SBMPTN 2016 untuk dijadikan latihan.

Kalau kalian sudah mulai nyicil belajar SBMPTN dari awal semester 5, kalian tidak akan terlalu kerepotan di semester 6 nanti.
“Tapi ‘kan nanti kita menghadapi Ujian Nasional dulu! Kok belajar SBMPTN duluan?”
Karena soal-soal SBMPTN jauh lebih susah daripada soal-soal Ujian Nasional. Pasalnya, materi SBMPTN memerlukan lebih banyak analisis dan pemahaman, sementara materi UN relatif bisa “dihafal”.

Lagipula, kalau kalian sudah menguasai materi SBMPTN, otomatis kalian juga bakal menguasai materi UN, kok. Apalagi materi seleksi mandiri PTN juga tidak terlalu berbeda dari SBMPTN. Jadi lebih untung mempelajari SBMPTN duluan ‘kan?


2. Jangan terlalu berharap pada SNMPTN


Memangnya siapa yang tidak ingin masuk SBMPTN. Semua pasti kepengen. Banyak calon mahasiswa yang akhirnya gagal kuliah karena terlalu berharap mendapat “undangan” dari PTN incarannya, alias lolos SNMPTN. Nah, ketika mereka ternyata gagal mendapat undangan, eeh, waktu sudah terlalu mepet untuk belajar buat SBMPTN atau ujian mandiri universitas.

Asal tahu aja, waktu antara pengumuman SNMPTN dengan ujian SBMPTN biasanya hanya sekitar 2-3 minggu. Trus, seleksi mandiri PTN biasanya diadakan seminggu setelah SBMPTN. Jadi kalau kalian hanya berharap pada SNMPTN tanpa mempersiapkan diri untuk SBMPTN atau seleksi mandiri, wah, itu sih namanya terlalu pede!
Intinya, jangan hanya bergantung kepada jalur SNMPTN, ya. anda setidaknya harus tentang pendaftaran SBMPTN.

Jadi tidak akan rugi ketika kalian mempersiapkan segala sesuatunya diawal. Seperti pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan. Jadi saat nanti hujan baju kalian tidak basah. Sama seperti SBMPTN, ketika seandainya kalian tidak lolos dalam SNMPTN maka setidaknya sudah memiliki persiapan untuk SBMPTN.


3. Menentukan pilihan universitas dan prodi yang tepat


Banyaaak sekali calon mahasiswa yang baru galau dan panik mikirin jurusan dan pilihan kampusnya menjelang pendaftaran SBMPTN.
Padahal proses memilih jurusan dan kampus bukan perkara singkat, lho,. Prosesnya panjang! Tidak bisa hanya ditentukan dengan cap-cip-cup, atau sekedar nurut apa kata orang tua.

Pertama, kalian perlu mengenali diri, minat dan bakat kalian sendiri. Salah satunya dengan ikut tes minat bakat di media internet atau bimbel. Dari situ, tentukan kira-kira apa saja jurusan kuliah yang cocok buat kalian.

Kedua, kalian harus mempelajari berbagai jurusan dan perguruan tinggi yang kira-kira masih masuk akal untuk kalian incar (secara lokasi, biaya, tingkat persaingan, dsb).

Ketiga, kalian harus mendiskusikan hasil renungan dan riset kalian tersebut dengan orang tua, guru BK, kakak kelas, atau orang yang berkompeten.
Baru, deh, kalian MUNGKIN bisa punya gambaran, kira-kira mau masuk jurusan apa dan di kampus mana.

Kalaupun sudah punya gambaran, bukan berarti kalian bakal langsung mantap dan tidak galau, lho.
You see? Proses menentukan jurusan kuliah dan kampus yang cocok untuk kalian bisa memakan waktu berbulan-bulan. Kalau kalian baru mikirin mau masuk jurusan apa 1-2 minggu sebelum pendaftaran SBMPTN, jelas terlalu mepet dan tidak masuk akal.

Kalau kalian mendaftar SNMPTN pun, kalian harus mempertimbangkan jurusan pilihan dengan sebaik mungkin. Agar nantinya tidak sia-sia seperti melepaskan SNMPTNnya karena merasa tidak sesuai dengan jurusan yang didapat. Hal ini akan berimbas pada adik kelas kalian. Karena kemungkinan fakultas tersebut dapat mem-blacklist sekolah kalian.



4. Membuat Timeline dan Tujuan yang akan dicapai


Luangkan waktu sedikit saja untuk membuat jadwal tentang target yang akan anda capai. Misalnya hari senin dari jam 18.00-19.00 anda mengerjakan soal tpa. Kemudian istirahat 10 menit lalu bergerak ke aktivitas belajar selanjutnya.

Tidak perlu lama-lama dalam belajar 1 jam 30 menit saja sudah cukup asalkan anda rutin melaksanakannya. Ketika anda telah melakukan jadwal yang telah dibuat sebelumnya maka yang harus dilakukan adalah menguji hasil usaha anda. Yaitu dengan cara mengerjakan soal sbmptn tahun lalu. Dan lihat sendiri bagaimana hasilnya.



5. Download Soal-soal SBMPTN atau membeli buku SBMPTN


Sudah banyak tersedia di internet soal-soal sbmptn tahun lalu yang dapat anda download secara gratis. Semakin banyak anda latihan maka semakin mahir anda megerjakan soal-soal tipe sbmptn.
Carilah soal yang memiliki kunci jawaban sehingga anda dapat mengetahui kesalahan anda pada soal yang telah dikerjakan.

Namun jika anda malas untuk mencarinya maka cukup membeli saja di toko buku terdekat. Memang jika anda membeli anda akan mendapatkan soal,tips, dan pembahasan yang lebih lengkap. Tapi sebenarnya internet pun memiliki fitur yang sama tapi anda harus sabar dalam mencari pembahasan dan soal-soal yang  bagus.


6. Bagi yang mempunyai banyak uang, Bimbingan belajar sangatlah penting


Rekomendasi lembaga bimbel yang sangat bagus dan terpercaya seperti  Ganesha Operation, Quantum Revolution dan tempat bimbingan yang sesuai dengan budget Anda. Yang saya ketahui bimbel memiliki cara tersndiri dalam menyelesaikan tipe soal sbmptn terutama pada tes potensi akademik.

Anda akan sangat diuntungkan ketika dapat mengikuti bimbel untuk presiapan SBMPTN. Bimbel akan membiasakan anda untuk dapat menyelesaikan soal TPA secara tepat. Mengingat soal TPA memiliki andil besar dalam menetukan nilai akhir yang kalian punya yaitu sekitar 30%

Bagi anda yang tidak mempunyai budget buat bimbel Masuk Negeri menjadi Solusinya
Masuk Negeri adalah website khusus latihan soal SBMPTN. Disana banyak sekali soal yang sangat beragam dan terdapat jawaban juga di dalamnya.



7. Tenang dan Konsentrasi Menjadi Kunci Utama


Dalam pelaksanaan SBMPTN 2017, tenang menjadi hal yang sangat penting untuk menstabilkan emosi Anda saat mengisi soal SBMPTN 2017. Banyak kejadian orang tidak lolos SBMPTN karena terburu-buru dan panik saat mengisi jawaban. Konsentrasi pada soal SBMPTN, dan kerjakanlah soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Jangan mengerjakan soal yang sulit dahulu, karena mau itu soal gampang maupun susah bobot nilainya sama, yaitu 4.

jangan lupa untuk membawa jam tangan fungsinya agar kita bisa mengatur waktu dalam mengisi soal SBMPTN. sesudah anda mengerjakan soal SBMPTN janganlah Anda menanyakan soal-soal yang tadi sudah dikerjakan kepada teman atau siapapun. Tujuannya agar Anda tidak terlalu stress atau jumawa terhadap apa yang telah Anda kerjakan tadi. Lebih baik diam tinggalkan dan lupakan, Go Move On .


        Jangan lupa ketika semuanya telah berakhir maka tutuplah pekerjaan anda dengan berdoa supaya ketika pengumuman nanti anda diberikan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Dan persiapkan juga ketika nanti apa yang anda dapatkan tidak sesuai.

Mungkin cukup sekian artikel tentang tips lolos SBMPTN 2017. Sebenarya tidak ada trik khusus untuk lulus SBMPTN 2017 yang anda butuhkan hanyalah kemampuan dan kemauan yang kuat.
Jika menurut anda artikel ini bermanfaat maka anda dapat share atau pun tinggalkan komentar baik. Karena satu share dari anda sangat berarti bagi saya. Salam sukses!!

Load Comments

Dapatkan Pembahasan Terupdate

Notifications

Disqus Logo
close