Tuesday 13 June 2017

Contoh Conditional Sentece Type 3 : Contoh kalimat dan faktanya!

contoh conditional sentence type 3
Contoh Conditional Sentence type 3 - Okee.. setelah sebelumnya kita membahas tentang contoh conditional sentence type 2 dan conditional sentece type 1. maka kita akan bergerak ke contoh yang selanjutnya yaitu contoh kalimat conditional sentence type 3. jika kamu belum membaca artikel "contoh conditional sentece type 1 2 dan 3 beserta faktanya", maka saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu sebagai refrensi saja. okee, jika sudah mari kita bahas secara lebih fokus tentang conditional sentece type 3.

Fungsi Conditional Sentence Type 3

pada conditional sentence type 3 cenderung mengacu tentang kejadian dimasa lalu. kondisi seperti ini digambarkan bahwa pada masu lalu akan terjadi atau dapat terjadi sesuatu atau tindakan tertentu jika suatu kondisi dapat terpenuhi. akan tetapi pada faktanya kejadian ini tidak pernah dan tidak mungkin terjadi.

Contoh: If I had found a nice inn lastnight, I would have stayed in that country

tadi malam, saya ingin tinggal di sebuah kota pada negara tertentu. tapi sungguh sayang, saya tidak menemukan satu hotel pun yang layak. jadi dengan terpakas saya tidak tinggal di kota tersebut. sebagai contoh lainnya coba simak dibawah.
.
Contoh: If Darry had had much Game online lastweek , he would have played game online with us.

saya sangat mengenal darry yang merupakan penggila game online. hanya saja, ia kehabisan game untuk dimainkan. andai saja dia memiliki game online maka ia akan bermain bersama kita dan tidak akan kehabisan game. fakta conditional sentece type 3 di atas yaitu:Darry didn’t have Game online lastweek, so he didnt play with us..

Rumus if clause / Conditional Sentence Type 3

hanya sebagai pengingat supaya lebih paham coba ingat kembali tabel rumus conditional sentence type 3 beserta pembahasan detainya.


Dependent Clause
Main Clause
IF + PAST PERFECT,
PAST FUTURE PERFECT.
Main Clause
Dependent Clause
PAST FUTURE PERFECT +
IF + PAST PERFECT.

Dependent Clause Main Clause
IF + PAST PERFECT, + PAST FUTURE PERFECT.
Main Clause Dependent Clause
PAST FUTURE PERFECT + IF + PAST PERFECT.
Keterangan:

1. Pola kalimat PAST FUTURE PERFECT dalam If Clause adalah S + WOULD  + HAVE + V3 / BEEN + O / C. Selain WOULD, kita bisa juga pakai modal yang lain seperti COULD / MIGHT / SHOULD.


2. Jika tidak memiliki kata kerja, [NOMINAL SENTENCE], maka kita harus memakai TOBE [been]. Contoh: If shira had been here last week, she would have met her twin.
3. Ke dua klausa tersebut bisa saja berbentuk negatif sesuai dengan konteks kalimatnya. 
4. Pola kalimat PAST PERFECT dalam If Clause adalah: S + HAD + V3/BEEN + O/C
5. Jika kalimatnya memiliki kata kerja, [VERBAL SENTENCE], maka kata kerja ke 3 /  V3 yang dipakai. Contoh: If they had studied hard yesterday, they would pass the exam.
6. sebagai pengingat saja bahwa kalimat pengandaian terdiri dari 2 klausa yaitu klausa terikat dan klausa bebas. pada kalimat ini penempatannya juga terserah bisa dimulai terikat dulu atau klausa bebas dahulu.

Sekian ya tentang contoh conditional sentece type 3 dan faktanya. semoga dapat membantu teman - teman dalam memahaminya. terima kasih