Sunday 11 December 2016

Strategi Menentukan Urutan Pilihan Jurusan di SBMPTN 2017

       Ketika anda sudah mantap dengan pilihan prodi yang mau diambil dan Sudah mengerti sistem seleksi penilaian SBMPTN 2017. Lantas bagaimana cara memilih urutan jurusan di SBMPTN? Banyak sekali hal yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam memilih jurusan-PTN mana yang akan anda jadikan prioritas.

cara memilih urutan jurusan di SBMPTN 2017

Tapi yang akan kami bahas di sini adalah, bagaimana strategi anda dalam mengurutkan pilihan prodi agar memperbesar peluang anda untuk diterima dalam SBMPTN 2017. Untuk mendapatkan prodi yang anda inginkan tentunya anda tidak boleh secara asal menentukan urutan pemilihannya sekalipun anda telah mahir dalam bidag itu.
Karena kita tidak tau apa yang mungkin terjadi kedepannya, maka untuk itu anda harus antisipasi agar hal-hal yang tidak memungkinkan dapat diminimalisir. Berikut ulasannya :

Tips Memilih Urutan Jurusan SBMPTN 2017


1. mempertimbangkan tingkat persaingan di PTN terkait


Untuk memperbesar peluang anda untuk dapat lulus SBMPTN 2017, hal yang perlu anda pikirkan pertama-tama adalah tingkat persaingan jurusan di beberapa PTN yang anda kehendaki. Sebagai bahan acuan dalam menentukan pilihan, sebenernya panitia sudah menyiapkan data yang cukup untuk dijadikan acuan yaitu data daya tampung dan peminat SBMPTN tahun lalu.

Dari kedua data tersebut kita bisa mengukur perkiraan tingkat keketatan suatu jurusan. Maksudnya keketatan di sini adalah, anda membandingkan jumlah peminat tahun lalu, dengan jumlah kuota kursi yang dibuka untuk prodi tersebut. Berdasarkan hal itu, anda bisa memperkirakan hal yang kurang lebih mirip juga akan terjadi pada tahun ini.





2. Pertimbangan Ketersediaan Jalur Mandiri


Sebenarnya jalur ini sangatlah tidak dianjurkan bagi calon mahasiswa. Mengingat biayanya yang sangat mahal. Untuk kedokteran ujian mandiri dibutuhkan sedikitnya 200-300 juta uang untuk dapat masuk. Mengingat bahwa UM yang sebenarnya adalah kepanjangan dari Ujian Menyogok.
Selain keketatan, ketersediaan Jalur Mandiri bisa juga anda jadiin suatu pertimbangan. Cek apakah PTN-PTN yang menyediakan pilihan jurusan yang anda minati membuka peluang seleksi lain atau tidak (Jalur Mandiri).

Karena pada beberapa pilihan PTN ada jalur mandirinya, (optional) mungkin ada baiknya, anda bisa lebih fokus ngincer PTN yang gak ada pilihan Ujian Mandiri nya (UM). Untuk kemudian kalian bisa lanjut memperluas peluang dengan ikut Ujian Mandiri (UM) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian incer.

Mengenai biaya kuliah, saat ini banyak PTN telah memberlakukan perlakuan yang sama bagi mahasiswanya yang diterima melalui SNMPTN, SBMPTN maupun Jalur Mandiri. Namun masih ada beberapa PTN yang memberlakukan lulusan jalur mandiri dengan perlakuan biaya yang lebih mahal dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Oleh karena itu pelajari juga sistem pembiayaan kuliah di jalur mandiri tiap-tiap PTN agar dapat memilih urutan jurusan di SBMPTN yan sesuai dengan kantong

Temen-temen dapat memberikan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 


Terima Kasih !!

3. Jangan Asal Milih Jurusan di Pilihan 2 dan 3.


Penilaian SBMPTN dilakukan secara terpusat tidak berdasarkan penilaian masing-masing PTN seperti SNMPTN. Pengaruhnya bagimana jika sistem penilaian terpusat atau berdasarkan masing-masing PTN? Jika berdasarkan masing-masing PTN, maka kemungkinan besar peserta yang memilih jurusan Pilihan 1 akan lebih diprioritaskan untuk diterima seperti seleksi SNMPTN 2015 kemarin.

Akan tetapi, untuk sistem seleksi SBMPTN yang dilakukan secara terpusat, kemungkinan sistem seleksinya akan berbeda. Dalam hal ini, memang tidak pernah ada keterangan sumber resmi tentang sistem penilaian SBMPTN, tapi peluang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III bisa jadi sama besarnya dengan pilihan I. Dalam arti, kompetisi dalam SBMPTN ini kemungkinan tidak akan melihat urutan pilihan 1,2,3 tapi betul-betul murni melihat jumlah score hasil SBMPTN kamu. Hal ini bisa diketahui dari cukup banyaknya peserta yang diterima di Pilihan II ataupun Pilihan III di SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.




Jadi sekali lagi, fokuskan pada nilai score SBMPTN anda setinggi-tingginya, lalu pilihlah opsi jurusan prodi yang memang bener-bener anda minati. Jangan sampai pada akhirnya, anda milih jurusan 2 dan 3 asal supaya senggaknya bisa kuliah. Tapi begitu pengumuman anda diterima pilihan ketiga, jadinya galau lagi apakah mau diambil atau tidak. Yakinkan diri anda, kalaupun anda keterima di pilihan 2 atau 3, anda tidak akan menyesal dan anda bakal tetep ambil dan jalanin keputusan anda itu dengan penuh tanggung jawab.

        Semoga artikel cara memilih urutan jurusan di SBMPTN bisa menjadi bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan di SBMPTN 2017 ini dan anda dapat kuliah di jurusan yang anda inginkan.

Salam Sukses !!