Sunday, 6 October 2019

Cara mendapatkan penghasilan online - part 2

 


2. Kuatkan Mental dan Tekad


banyak sekali orang-orang yang ingin membuat blog akan tetapi kebanyakan berakhir dengan pemikiran di kepala saja, tidak terealisasi. itu disebabkan karena terlalu banyak berteori, terlalu banyak berandai-andai.

tidak berhenti disitu, bahkan blogger yang sudah memiliki artikel yang cukup banyak meskipun hasil dari copas dan edit bisa saja berhenti ditengah jalan. menurut kamu kenapa? saaya bilang mereka tidak memiliki mental dan tekad. kebanyakan blogger yang seperti itu hanya berpikir tentang uang, uang dan uang.

saya sarankan dalam menjalankan blog kita harus menikmati prosesnya. ingat kamu masih baru dalam dunia blog tidak serta merta langsung memperoleh hasil hingga bisa membeli laptop ROG. nikmati saja prosesnya hal itu juga bertujuan agar kamu tetap santai dan tidak jenuh. karena terus terang saja saya ngeblog butuh 1 tahun untuk dapat gaji pertama saya,

dengan kata lain, selama setahun sebelumnya saya tiap hari update artikel tanpa memperoleh satu rupiah pun. tapi karena saya memiliki tekad yang besar, saya terus saja update artikel minimal 4 artikel dalam seminggu.

jadi mulai sekarang tanamkan dalam diri kamu, kalau ngeblog juga butuh proses, nikmati prosesnya dan terus belajar agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

3. Menentukan Platform Blog

Banyak sekali platform blog yang tersedia di internet namun yang umum digunakan adalah wordpress dan blogger. saya sendiri juga memiliki blog di wordpress namun secara pribadi saya lebih suka menggunakan blogger, mungkin karena saya belajar blog dari blogger untuk pertama kalinya.

bagi kamu yang bingung dan belum pernah sama sekali membuat blog akan saya terangkan sedikit kelebihan dan kekurangan kedua platform tersebut agar kamu dapat memilih sendiri yang mana yang cocok buat kamu.

Tampilan Dashboard
Secara Tampilan keduanya hampir memiliki tampilan yang cukup menarik. hanya saja blogger memiliki tampilan yang kurang bagus dari pada wordpress, tapi tentu itu tidak masalah karena tidak akan mengganggu jalannya blogging kamu.

Tampilan Dashboard Blogger

Tampilan Dashboard Wordpress
Secara kasat mata begitulah tampilan dashboard pada kedua platform ini. 1-2  hari menggunakan kalian akan terbiasa.

Fitur dan Fleksibilitas
Bisa dibilang Blogger lebih fleksibel daripada wordpress. karena dengan blogger kamu dapat mengedit HTML yang ada untuk mengubah tampilan sesukamu. dengan wordpress tampilan dapat di edit terbatas hanya pada drag n drop widget yang kamu inginkan.

Proses Monetasi Blog
yang aku suka dari blogger adalah kamu nggak perlu untuk membeli domain agar dapat dipasangi iklan dari google adsense. dengan domain blogspot.com kamu sudah bisa memasang iklan di blog kamu.

berbeda dengan wordpress, agar kamu dapat memasang iklan dari google adsense maka kamu harus menggunakan top level domain seperti com,net,id dll. jika domain kamu masih wordpress.com maka kamu tidak akan bisa memasang iklan dari google adsense.

Template dan Navigasi
Secara umum baik wordpress maupun blogger menyediakan template secara gratis. akan tetapi tampilan dan navigasinya terbatas. kamu harus cari dari internet agar dapat menemukan template yang kamu inginkan.

Navigasi pada wordpress cenderung lebih mudah dari pada blogger. akan tetapi hal itu juga tergantung bagaimana kamu memilih template yang kamu gunakan. usahakan mencari template yang responsive agar tampilan web tetap baik jika dibuka melalui web ataupun smartphone.

NEXT PAGE : 1 2 3