Thursday 11 June 2020

Deskripsikan porifera berdasarkan hal berikut. a. Habitat dan cara hidupnya. b. Ciri-ciri dan bentuk tubuhnya. c. Cara bereproduksi. d. Peranannya bagi manusia.

Deskripsikan porifera berdasarkan hal berikut. a. Habitat dan cara hidupnya. b. Ciri-ciri dan bentuk tubuhnya. c. Cara bereproduksi. d. Peranannya bagi manusia.

Deskripsikan porifera berdasarkan hal berikut.
a. Habitat dan cara hidupnya.
b. Ciri-ciri dan bentuk tubuhnya.
c. Cara bereproduksi.
d. Peranannya bagi manusia.

Jawaban:
Porifera:

a. Habitat dan cara hidupnya
Sebagian besar porifera hidup di laut dan sebagain kecil hidup di air tawar. Pada umumnya porifera hidup diperairan yang dangkal dan jernih., namun ada pula yang hidup diperairan berpasir atau berlumpur. Porifera dewasa hidup sesil atau melekat disuatu substrat. Porifera hidup secara heterotrof dengan memakan bakteri dan plankton.

b. Ciri-ciri dan bentuk tubuhnya
Ciri-Ciri: ukuran tubuh porifera bervariasi, dari sebesar kacang polong hingga setinggi 90 cm dengan diameter 1 m. Tubuh porifera berwarna-warni, berwarna pucat, atau celah. Sebagian besar tubuhnya berbentuk asismetri (tidak beraturan) dengan pola yang bervariasi, namun ada pula yang terbentuk simetri radial. Ada yang berbentuk menyerupai vas bunga, jambangan, tabung, atau bercabang-cabang seperti tumbuhan.

Bentuk tubuhnya:
  • Askonoid
  • Sikonoid 
  • Leukonoid


c. Cara bereproduksi
Porifera bereproduksi secara aseksual maupun seksual. Reproduksi secara aseksual dengan cara pembentukan tunas (budding) dan Gemula (gemmule, tunas internal). Pada umumnya Porifera bersifat hermaprodit, tetapi sel telur dan sperma diproduksi pada waktu yang berbeda. Beberapa jenis ada yang diesis (diocisous).

d. Peranannya bagi manusia
Menguntungkan:

  • Hiasan di dalam akuarium air laut, misalnya Axinella cannabina 
  • untuk spon mandi Contoh, Hippospongia. 
  • Untuk menegbor batu karang dan cangkang.
Merugikan:
  • Mengganggu peternakan tiram. 
Baca Selengkapnya : Kunci Jawaban Latihan Ulangan Semester 2 Biologi Erlangga Kurikulum 2013 Kelas 10