Saturday, 9 March 2019

Pembahsan KIMIA ERLANGGA KELAS 12 Latihan 5.2 Unsur Periode Ketiga

 


Pembahasan Materi Unsur Periode Ketiga 

yang sudah nggak sabar nunggu pembahasan latihan 5.2 akhirnya di rilis juga ya. maaf kalau masih ada kekurangan dalam pembahasa] soal unsur periode ketiga ini, semoga dapat membantu teman-teman dalam belajar kimia.

Soal No. 1
Tuliskan unsur-unsur periode ketiga yang berada dalam keadaan bebas di alam. Bagaimana struktur unsur-unsur tersebut?

PEMBAHASAN
P(Poliatomik P4, S (Poliatomik S8, Cl (diatomik Cl2), Ar (Monoatomik Ar)

Soal No. 2
Mengapa logam alumunium tidak mengalami korosi terus-menerus seperti logam besi? Jelaskan

PEMBAHASAN
Akibat adanya lapisan oksida alumunium yang melindungi logamnya untuk terus teroksidasi

Soal No. 3
Lapisan oksida alumunium yang sangat tipis dapat dihilangkan dengan menambahkan HgCl2yang sedikit asam. Lapisan tersebut akan larut, kemudian logam Al di bawahnya akan mendesak Hg2+ dari HgCl2 dan logam Al akan membentuk amalgam dengan Hg. Tuliskan 

reaksi yang terjadi antara:
a. Al2O3 dengan HgCl2
b. Al dengan Hg
c. amalgam dengan air

PEMBAHASAN
a. 2 Al2O3 + 6 HgCl2 → 4 AlCl3 + 6 Hg + 3 O2
b. Al + Hg → Al2Hg3
c. Al2Hg3 + H2O → Al(OH)3 + Hg

Soal No. 4
Sifat senyawa alumunium banyak ditemukan oleh sifat ion Al3+ yang ukurannya kecil dan muatannya besar. Jelaskan kaitan hal tersebut dengan sifat Al3+ yang mempunyai kemampuan mengendapkan lumpur pada penambahan tawas ke dalam air keruh

PEMBAHASAN
Ion Al3+ memiliki ukuran kecil dan muatannya besar yang menyebabkan kerapatan muatannya sangat besar. Kerapatan ini menyebabkan ion Al3+ mampu menarik air membentuk ion kompleks [Al(H2O]3+, ion tersebut akan menarik partikel-partikel bermuatan (lumpur, ion-ion)sehingga menjadi molekul yang sangat besar dan kemudian mengendap

Soal No. 5
Senyawa alumunium klorida dapat membentuk suatu polimer dengan rumus umum (AlCl3)n. Pada suhu tinggi, senyawa tersebut dapat menguap dan membentuk kesetimbangan fase gas pada daerah suhu tertentu (Ar Al = 27 g/mol, Cl = 35,5 g/mol; R = 0,082 L atm/ K mol). 

Jika suhu uap dinaikkan pada tekanan tetap 1 atm, ternyata gas tetap terdisosiasi menjadi molekul alumunium klorida yang lebih sederhana. Perubahan ini diamati dengan mengukur densitas (massa jenis) uap pada berbagai suhu sehingga diperoleh data sebagai berikut.


soal dan pembahasan unsur periode ketiga


bagaimana rumus molekul senyawa alumunium klorida masing-masing pada suhu 200oC dan 800 oC? Tuliskan reaksi disosiasinya pada suhu antara 200 oC – 800 oC. Apa pendapat anda mengenai keadaan senyawa alumunium klorida tersebut pada suhu 200 oC dan 800 oC?

PEMBAHASAN
Mr AlCl3 = 133,5
Untuk menentukan rumus molekul masing-masing suhu dapat ditentukan dari rumus:

pada suhu 200

maka n = 2
pada suhu 600

maka n = 1,5
pada suhu 800

maka n = 1
Rumus molekul untuk suhu 200 = (AlCl3)2 atau Al2Cl6, sedangkan rumus molekul untuk suhu 800 = AlCl3
Reaksi disosiasinya : Al2Cl6 → 2AlCl3

pada suhu 200 oC masih dalam bentuk polimer sedangkan pada suhu 800 oC sudah dalam bentuk monomer

Okey temen-temen silakan dilanjutkan ya pembahasannya. semoga dapat membantu teman-teman yang berkunjung. terima kasih..

NEXT PAGE : 1 2 3 4 5
Temen-temen dapat memberikan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 


Terima Kasih !!