Saturday, 9 March 2019

Pembahasan KIMIA ERLANGGA KELAS XII Unsur Periode Ketiga Latihan 5.3

 


Pembahasan Kimia Kelas 12 Latihan 5.3

Soal No. 1
Tuliskan keberadaan silikon di alam

PEMBAHASAN :
Silikon tersebar di kerak bumi sebagai mineral silikat dan silikon dioksida atau kuarsa (SiO2)

Soal No. 2
Bagaimana cara memisahkan silikon dan kuarsa? Tuliskan reaksinya.

PEMBAHASAN :
Silikon dipisahkan dari kuarsa dengan cara mereduksi SiO2 dengan menggunakan karbon atau kalsium karbida
SiO2(s) + C(s) → Si(s) + CO2(g)

Soal No. 3
Silikon bersifat semikonduktor. Jelaskan yang dimaksud dengan semikonduktor

PEMBAHASAN :
Semikonduktor adalah suatu unsur yang dalam kondisi normal tidak menghantar listrik, tetapi dapat menghantar listrik dengan suhu atau dengan pengotoran unsur tertentu

Soal No. 4
Beberapa jenis senyawa silikon yang penting adalah silikat dan siloksan. Jelaskan yang dimaksud dengan kedua senyawa tersebut serta tuliskan kegunaannya masing-masing

PEMBAHASAN :
Silikat (SiO32-)n digunakan sebagai bahan untuk membuat kaca, fiber glass dan serat optik. Sedangkan siloksan (C6H5)3SiOSi(C6H5)3) bermanfaat dalam operasi plastik, pelarut, pembersih, bahan mengkilap (semir sepatu.

Soal No. 5
Apa yang dimaksud dengan serat optik dan fiberglass? Jelaskan kegunaannya

PEMBAHASAN :
Serat optik yaitu sejenis kabel yang dibuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sedangkan fiber glass yaitu kaca cair yang ditarik sehingga menjadi serat tipis dengan diameter 0,005 mm – 0,01 mm. 

Jika dipintal bermanfaat menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal.

NEXT PAGE : 1 2 3 4 5
Temen-temen dapat memberikan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 



Terima Kasih !!