Wednesday 19 July 2017

Soal dan Pembahasan Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan (Part 2)

ini adalah halaman selanjutnya dari soal dan pembahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan no 1-10. jika teman-teman belum membacanya, mimin sarankan baca dulu agar dapat menambah pengetahuan teman-teman. semoga soal ini dapat membantu ya



Soal No. 11
Jaringan penyusun akar tumbuhan dikotil yang bersifat meristematik adalah ...
a. korteks
b. kambium
c. perisikel
d. endodermis

Pembahasan
Jaringan penyusun akar tumbuhan dikotil yang bersifat meristematik adalah kambium. Kambium ke arah luar membentuk floem dan ke arah dalam membentuk xylem.

Jawab : a

Soal No. 12
Penampang melintang akar monokotil berbeda dengan penampang melintang batangnya : Perbedaan itu terletak pada pernyataan berikut, kecuali ...
a. adanya perisikel
b. bentuk kambium
c. adanya endodermis
d. letak xylem dan floem

Pembahasan
Penampang melintang akar dan batang monokotil berbeda dalam hal :
letak xylem dan floem. Pada akar, xylem dan floem letaknya berseling menurut jari-jari xylem (radial). Pada batang, berkas pengangkut yang terdiri dari xylem dan floem letaknya tersebar.

Perisikel Pada akar terdapat perisikel yang letaknya di sebelah dalam endodermis, dan merupakan lapisan terluar silinder pusat. Pada batang tidak terdapat perisikel.

Endodermis. Pada akar terdapat endodermis, yang terletak antara bagian korteks dan silinder pusat. Pada batang tidak terdapat endodermis.

Jawaban  b

Soal No. 13
Batang tanaman memiliki bunga putih dipotong dan dimasukkan ke dalam tinta merah. Satu jam kemudian, bunga putih berubah menjadi merah muda. Peristiwa apa yang terjadi?
a. tanaman menyerap tinta melalui akarnya
b. tanaman menyerap air melalui akarnya
c. larutan tinta naik ke batang
d. air naik ke batang

Pembahasan
Batang memiliki jaringan atau berkas pembuluh yang merupakan kelanjutan dari berkas pembuluh di akar. Berkas pembuluh di batang akan berakhir di bunga. Saat potongan batang dimasukkan dalam larutan tinta, larutan tinta akan naik melalui berkas pembuluh di batang sampai ke bunga. Naiknya cairan tinta ini karena adanya daya kapilaritas.

Jawaban c

Soal No. 14
Diantara tanaman berikut ini, manakah kemungkinan yang tidak diserbukkan oleh serangga?
a. mawar
b. melati
c. bougenvil
d. alang-alang

Pembahasan
Ciri tanaman yang diserbukkan oleh serangga adalah bunganya memiliki mahkota yang berwarna cerah atau menghasilkan aroma yang kuat baik harum maupun busuk. Mawar dan melati memiliki kedua ciri tersebut, yaitu kelopak yang berwarna dan aroma yang harum

Bougenvil tidak memiliki mahkota bunga. Meskipun demikian, bougenvil memiliki daun yang termodifikasi menjadi berwarna-warni sehingga berfungsi seperti mahkota bunga. Jadi, mawar, melati dan bougenvil kemungkinan diserbukkan oleh serangga.

Sedangkan alang-alang tidak memiliki mahkota bunga dan aroma. Tangkai sari menonjol keluar, dan serbuk sari ringan. Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh bunga yang diserbukkan oleh angin.

Jawaban d


Temen-temen dapat memberikan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 

Terima Kasih !!

Soal No. 15
Satu tanaman pepaya rajin berbunga tapi tak pernah berbuah. Mengapa hal itu terjadi?
a. tanaman tersebut bersifat monoesis
b. tanaman tersebut bersifat diesis
c. tanaman tersebut memiliki bunga tak lengkap
d. tanaman tersebut memiliki bunga sempurna

Pembahasan

Monoesis adalah tanaman yang bunga jantan dan bunga betinanya terdapat pada satu individu.

Diesis adalah tanaman yang bunga jantan dan bunga betinanya terdapat pada individu yang berbeda.
Bunga tak lengkap adalah bila bunga tidak memiliki salah satu atau lebih perhiasan pada bunga yaitu mahkota atau kelopak.

Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki benang sari dan putik.

Tanaman yang berbunga tetapi tidak berbuah adalah tidak terjadi pembuahan. Keadaan ini dapat disebabkan oleh :
a. Tanaman tersebut tidak memiliki salah satu bunga : bunga jantan saja atau bunga betina saja
b. Tanaman tersebut memiliki bunga jantan dan bunga betina tetapi masa matangnya tidak bersamaan.
Dalam kasus tanaman pepaya ini, yang terjadi adalah tanaman hanya memiliki satu bunga saja (diesis)

Jawaban b
Soal No. 16
Pipa kapiler yang berfungsi untuk pengangkutan air di dalam tubuh tumbuhan adalah …
A. Xilem
B. Floem
C. Berkas pembuluh
D. Trakeid
E. Trakea

Pembahasan
Pipa kapiler yang berfungsi untuk pengangkutan air di dalam tubuh tumbuhan adalah trakea (buluh kayu) yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan buluh trakeid. Buluh kayu trakea ini bagian ujung-ujungnya terbuka, adapun dinding horizontalnya telah mengalami diferensiasi berbentuk pipa atau pembuluh.

Jawaban e

Soal No. 17
Endodermis pada akar tumbuhan dilengkapi dengan penebalan gabus pada titik-titik kaspari. Untuk mengatur transportasi zat, yang akan masuk ke dalam xilem akar. Tumbuhan yang tidak memiliki endodermis adalah …
A. Padi
B. Flamboyan
C. Pakis haji
D. Mangga
E. Nanas

Pembahasan
Endodermis pada akar tumbuhan dilengkapi dengan penebalan gabus pada titik-titik kaspari. Untuk mengatur transportasi zat, yang akan masuk ke dalam xilem akar. Tumbuhan yang tidak memiliki endodermis adalah kelompok tumbuhan biji terbuka.
Contohnya: pakis haji.

Jawaban c


Soal No. 18

Kayu pinus terutama disusun oleh sel-sel yang panjang dengan ujung runcing, mempunyai noktah yang berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke daun. Sel-sel yang dimaksud adalah …
A. Trakea
B. Trakeid
C. Sklereid
D. Sklerenkim
E. Parenkim

Pembahasan
Kayu pinus terutama disusun oleh sel-sel yang panjang dengan ujung runcing, mempunyai noktah yang berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke daun. Sel-sel yang dimaksud adalah adalah jaringan parenkim.

Jawaban e

Soal No. 19
Jari-jari empulur yang terdapat pada batang dikotil yang sudah tua secara tidak langsung terbentuk sebagai akibat dari aktivitas …
A. Felogen (kambium gabus)
B. Sel-sel xilem yang hidup
C. Sel-sel feloderm
D. Jaringan meristem di antara buluh angkut
E. Jaringan meristem di luar ikatan pembuluh


Pembahasan
Jari-jari empulur yang terdapat pada batang dikotil yang sudah tua secara tidak langsung terbentuk sebagai akibat dari aktivitas jaringan meristem di antara buluh angkut floem dan xilem (buluh kayu).

JAwaban d

Soal No. 20
Jaringan penyimpanan udara atau aerenkim, pada tumbuhan, banyak dijumpai pada jaringan …
A. Pengangkut
B. Korteks
C. Endodermis
D. Epidermis
E. Perisikel


Pembahasan
Jaringan penyimpanan udara atau aerenkim, pada tumbuhan, banyak dijumpai pada jaringan parenkim. Terutama di daerah korteks, dengan sejumlah rongga udara di antara sel-selnya, dan banyak dijumpai pada vegetasi hidrofit (di perairan).

Jawaban b


Saran Artikel : Rangkuman Materi Genetik (kromosom,gen,RNA,DNA,Sintesis Protein)

sekian ya contoh soal dan pembahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan semoga dapat membantu.