Tidak Banyak Diketahui, Inilah 7 Penyebab Anda Gagal di SBMPTN 2017 - Primalangga -->

Penyebab peserta tidak lulus SBMPTN - Ada banyak faktor yang menjadi penyebab peserta tidak Lulus dalam SBMPTN. Memang seleksi bersama masuk ptn masih lama untuk dimulai akan tetapi anda tidak boleh terlena akan waktu yang masih lama karena waktu akan terus berjalan dan akan membuat anda terlena akan waktu.

Penyebab peserta tidak lulus SBMPTN
ilustrasi gagal sbmptn

anda perlu mewaspadai hal-hal yang menjadi penyebab gagal dalam SBMPTN 2017 dengan bergitu anda dapat meminimalisir hal –hal yang tidak diinginkan terjadi. Sehingga peluang anda mendapatkan upiversitas yang anda impikan lebih besar nantinya.

SBMPTN 2017 adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Jalur ujian tulis. banyak sekali peserta yang lulus sbmptn meskipun tanpa bimbel. Seleksi bersama ini diselenggarakan serentak secara nasional. Butuh kemampuan dan keunggulan agar anda dapat lulus dan diterima dalam ujian ini karena tujuan SBMPTN 2017 ini adalah Mencari dan menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik serta memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah

Tapi terkadang kita terlalu keras berusaha tanpa memperhatikan penyebab peserta gagal dalam menghadapi SBMPTN 2017. Untuk itu kami akan mengulas sedikit tentang penyebabnya.

Berikut ini adalah Penyebab Peserta Tidak Lulus SBMPTN

1. Tidak memahami kesulitan di medan pertempuran


Pikirkan saja anda akan menghadapi perang untuk mempertahankan kemerdekaan, maka apa yang harus anda lakukan? mudahnya anda harus tahu dulu siapa lawan anda, berapa jumlah mereka? Dan strategi apa yang harus anda gunakan untuk mengalahkannya.

Tentu anda memiliki cara tersendiri dalam mempersiapkan ujian yang akan anda ikuti nantinya. tentunya anda tidak akan lulus sbmptn tanpa belajar. Yang terpenting bukanlah seberapa banyak anda belajar tapi bagaimana anda dapat mempelajari kemungkinan tipe soal yang akan keluar pada saat seleksi berlangsung.



 2. Absen saat ujian

Dimana-mana yang namanya absen yaitu tidak hadir. Ya tentu yang satu ini sudah jelas. Anda sebaiknya mengikuti setiap rangkaian yang dilakukan saat tes berlangsung. Jangan terlambat apalagi sampai full absen tidak mengikuti tesnya. Maka tentu anda akan gugur sebagai perserta SBMPTN 2017

Untuk itu anda perlu menjaga kesehatan menjelang tes. Anda tidak ingin kan menunggu tes tahun depan agar bisa kuliah? Atau jika tidak anda dapat masuk PTS favorit atau masuk dengan jalur mandiri yang tentu sangat mahal harganya. anda tidak inginkan menjadi salah satu tokoh dalam cerita gagal sbmptn.


3. Nilai tidak cukup untuk passing grade

Yang satu ini bergantung kemampuan anda dalam menyelesaikan soal-soalnya. Kerjakanlah soal yang anda bisa dahulu karena soal mudah belum tentu anda bisa menyelsaikannya. Karena mau mudah atau susah skornya tetap sama. Maka anda harus mengerjakan soal benar sebanyak mungkin agar mendapatkan nilai sbmptn tertinggi.

Jika ingin cap cip cup maka identifikasilah beberapa jawaban yang tidak mungkin. Jangan asal tulis karena itu dapat memperkecil peluang benar anda. Dapatkan nilai setinggi mungkin agar anda tetap berada di passing grade


4.Kebiasaan mencontek

Inilah salah satu factor terbesar yang menjadi penyebab peserta tidak lulus dalam SBMPTN. Sebenarnya apa yang membuat peserta melakukan hal ini? Saya rasa mereka kurang percaya diri. Padahal sudah susah payah belajar tapi dia harus mengotori jawabannya dengan jawaban hasil  mencontek.

Hati-hati pastikan anda tidak melakukan perbuatan ini, Tetap Jujur. Selain perbuatan yang tidak baik dan tercela, mencontek juga akan merugikan diri anda sendiri. Pengawas ruangan akan mencatat para peserta SBMPTN 2017 yang terlihat mencontek selama ujian. Nama mereka pun akan dicatat dan dipastikan tidak termasuk daftar peserta yang lulus SBMPTN 2017. Jadi jangan pernah melakukan hal itu, Percaya diri terhadap kemampuan anda.

5.    5Terlalu berharap mendapat undangan SNMPTN

Hal pertama dan utama yang paling sering bikin para pelajar gagal menembus SBMPTN 2017 adalah karena mereka terlalu berharap mendapat undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), hanya karena mereka sering mendapat nilai rapor bagus. Banyak pelajar yang nggak belajar dengan keras, karena mereka terlalu percaya diri  bakal dapat kursi di universitas negeri lewat jalur SNMPTN.

Kemudian kepanikan melanda ketika ternyata mereka nggak mendapat jatah SNMPTN, sehingga mereka harus bersaing dengan pelajar lain di SBMPTN yang sudah punya persiapan ujian lebih matang. Akhirnya? Gagal, deh!

baca juga : kriteria penilaian SNMPTN 2017

6. Menggunakan jasa Joki
Mempertaruhkan masa depan anda pada joki SBMPTN adalah hal yang konyol. Jika anda diketahui sedang dijoki maka tentu anda akan dihapuskan dari daftar peserta tes. Pada joki pun berakibat buruk. Jika terdapat mahasiswa menjadi joki maka ia akan dipecat oleh universitas yang bersangkutan

7. Tidak membawa Kartu Ujian/ ijazah / SKHU
Kebiasaan buruk seseorang yaitu adalah mereka sering melupakan hal-hal kecil disekitar mereka. Karena terbiasa melupakan hal kecil maka mereka dapat pula melupakan hal yang besar karena lupa sudah menjadi rutinitas.
Jika peserta tidak membawa kartu ujian maka anda tidak di anggap sebagai peserta ujian SBMPTN 2017, sebab kartu ujian lah yang menjadi identitas anda sebagai peserta ujian SBMPT 2017 atau bukan.
Selain itu ijazah/SKHU adalah komponen penting yang harus anda bawa. Jika anda membawanya maka akan menjadi pertimbangan bagi pengawas, karena tidak hanya kartu peserta ujian, ijazah / SKHU juga lah yang menunjukkan bahwa anda adalah peserta ujian SBMPTN 2017.


Hal-hal yang perlu anda identifikasi dan direnungkan dalam pikiran anda
Seberapa banyak anda tahu tentang tingkat kesulitan soal SBMPTN?
Jika anda bertanya sesusah apa sih soal SBMPTN itu? Maka menurut saya anda sudah mengetahuinya sudah lama. Masih ingatkan saat anda mengikuti ujian nasional waktu smp? Menurut anda bagaimana tingkat kesulitannya? Ya cenderung tipe soal ujian nasional dapat dihafalkan.
Jika kita bandingkan dengan tipe soal saat ppdb sma bagaimana menurut anda? Soal ppdb sma jauh sangat sulit dibandingkan dengan UN smp. Dari perbandingan ini dapat mengetahui tingkat kesulitan soal SBMPTN sekitar 4-5 kali lebih sulit dari UN.
Karena SBMPTN adalah ujian yang bersifat seleksi. Artinya, tujuan SBMPTN adalah menyeleksi calon mahasiswa yang layak kuliah di universitas negeri. Jadi sudah kebayang dong, tingkat kesulitan soal SBMPTN nanti seperti apa?
Seberapa banyak pengetahuan anda tentang tingkat persaingan universitas negeri yang anda incar?
Presentase anda untuk dapat lulus tentu berbeda-beda tergantung pilihan universitas dan jurusan anda. Jika tujuan anda hanya untuk lulus maka cukup memilih universitas dan jurusan yang sedikit peminatnya. Tapi pertanyaannya apakah anda suka ?
Anda bisa lihat kondisi persaingan setiap universitas di website resmi mereka. Misalnya, kalau anda mau masuk Universitas Indonesia (UI).  Cek situs resminya, di bagian pemetaan lengkap kondisi persaingan seluruh jalur masuk pada setiap jurusan di Universitas Indonesia.
Sayangnya, tidak semua situs PTN menyediakan info ini. Atau anda juga dapat melihat daya tampung dan jumlah peminat di masing-masing jurusan di tiap universitas.

Seberapa banyak  anda tahu tentang materi yang harus dipelajari?
Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya tujuan anda adalah harus menjawab soal benar sebanyak mungkin dari masing mata pelajaran yang sedang diujikan. Untuk itu anda perlu mengetahui kelemahan anda dalam bidang apa? Jika sudah tahu luangkanlah waktu untuk mempelajarinya.
Anda tidak perlu belajar pada setiap mata pelajaran dahulukanlah pelajar yang anda tidak bisa dahulu agar dapat menjawab sebanyak mungkin meskipun terdapat beberapa cap cip cup.

Seberapa banyak waktu yang anda miliki?
Coba cek tanggal pada kalender anda ketika sedang membaca artikel ini. Lalu lihatlah kapan seleksi SBMPTN akan dilaksanakan. Itulah rentang waktu yang anda miliki untuk mempersiapkan diri dalam menempuh tesnya.
Berapapun sisa waktu yang anda miliki, benamkan lah itu adalah waktu yang sedikit. Sehingga anda dapat memotivasi diri anda untuk lebih giat belajar lagi.
Dari uraian diatas yang menjadi Itu dia penyebab peserta ujian yang gagal untuk lulus SBMPTN. Ke tujuh penyebab tersebut harus anda perhatikan baik-baik agar kegagalan tidak terjadi pada diri anda. kalaupun nantinya ternyata anda gagal, maka persiapkan diri anda juga untuk memiliki motivasi saat gagal sbmptn. anda tidak boleh terpuruk dengan keadaan kesuksesan tidak hilang meski anda gagal dalam sbmptn.
Adapun kunci sukses untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan berikhtiar. Berusaha semaksimal mungkin dan diringi dengan kekuatan doa. Selanjutnya serahkan dan kembalikan semuanya kepada Allah sebaik-baiknya pemberi keputusan.

    Jika anda suka dengan artikel diatas silakan like,share atau berkomentar dengan komentar baik. Karena 1 share dari anda sangat berarti bagi saya. Sekian dari artikel ini semoga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Salam sukses!!




Tidak Banyak Diketahui, Inilah 7 Penyebab Anda Gagal di SBMPTN 2017

PENGUMUMAN

KUNCI JAWABAN MANDIRI K13N SMA KELAS 10-12 LENGKAP. KLIK DISINI.!


Penyebab peserta tidak lulus SBMPTN - Ada banyak faktor yang menjadi penyebab peserta tidak Lulus dalam SBMPTN. Memang seleksi bersama masuk ptn masih lama untuk dimulai akan tetapi anda tidak boleh terlena akan waktu yang masih lama karena waktu akan terus berjalan dan akan membuat anda terlena akan waktu.

Penyebab peserta tidak lulus SBMPTN
ilustrasi gagal sbmptn

anda perlu mewaspadai hal-hal yang menjadi penyebab gagal dalam SBMPTN 2017 dengan bergitu anda dapat meminimalisir hal –hal yang tidak diinginkan terjadi. Sehingga peluang anda mendapatkan upiversitas yang anda impikan lebih besar nantinya.

SBMPTN 2017 adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Jalur ujian tulis. banyak sekali peserta yang lulus sbmptn meskipun tanpa bimbel. Seleksi bersama ini diselenggarakan serentak secara nasional. Butuh kemampuan dan keunggulan agar anda dapat lulus dan diterima dalam ujian ini karena tujuan SBMPTN 2017 ini adalah Mencari dan menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik serta memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah

Tapi terkadang kita terlalu keras berusaha tanpa memperhatikan penyebab peserta gagal dalam menghadapi SBMPTN 2017. Untuk itu kami akan mengulas sedikit tentang penyebabnya.

Berikut ini adalah Penyebab Peserta Tidak Lulus SBMPTN

1. Tidak memahami kesulitan di medan pertempuran


Pikirkan saja anda akan menghadapi perang untuk mempertahankan kemerdekaan, maka apa yang harus anda lakukan? mudahnya anda harus tahu dulu siapa lawan anda, berapa jumlah mereka? Dan strategi apa yang harus anda gunakan untuk mengalahkannya.

Tentu anda memiliki cara tersendiri dalam mempersiapkan ujian yang akan anda ikuti nantinya. tentunya anda tidak akan lulus sbmptn tanpa belajar. Yang terpenting bukanlah seberapa banyak anda belajar tapi bagaimana anda dapat mempelajari kemungkinan tipe soal yang akan keluar pada saat seleksi berlangsung.



 2. Absen saat ujian

Dimana-mana yang namanya absen yaitu tidak hadir. Ya tentu yang satu ini sudah jelas. Anda sebaiknya mengikuti setiap rangkaian yang dilakukan saat tes berlangsung. Jangan terlambat apalagi sampai full absen tidak mengikuti tesnya. Maka tentu anda akan gugur sebagai perserta SBMPTN 2017

Untuk itu anda perlu menjaga kesehatan menjelang tes. Anda tidak ingin kan menunggu tes tahun depan agar bisa kuliah? Atau jika tidak anda dapat masuk PTS favorit atau masuk dengan jalur mandiri yang tentu sangat mahal harganya. anda tidak inginkan menjadi salah satu tokoh dalam cerita gagal sbmptn.


3. Nilai tidak cukup untuk passing grade

Yang satu ini bergantung kemampuan anda dalam menyelesaikan soal-soalnya. Kerjakanlah soal yang anda bisa dahulu karena soal mudah belum tentu anda bisa menyelsaikannya. Karena mau mudah atau susah skornya tetap sama. Maka anda harus mengerjakan soal benar sebanyak mungkin agar mendapatkan nilai sbmptn tertinggi.

Jika ingin cap cip cup maka identifikasilah beberapa jawaban yang tidak mungkin. Jangan asal tulis karena itu dapat memperkecil peluang benar anda. Dapatkan nilai setinggi mungkin agar anda tetap berada di passing grade


4.Kebiasaan mencontek

Inilah salah satu factor terbesar yang menjadi penyebab peserta tidak lulus dalam SBMPTN. Sebenarnya apa yang membuat peserta melakukan hal ini? Saya rasa mereka kurang percaya diri. Padahal sudah susah payah belajar tapi dia harus mengotori jawabannya dengan jawaban hasil  mencontek.

Hati-hati pastikan anda tidak melakukan perbuatan ini, Tetap Jujur. Selain perbuatan yang tidak baik dan tercela, mencontek juga akan merugikan diri anda sendiri. Pengawas ruangan akan mencatat para peserta SBMPTN 2017 yang terlihat mencontek selama ujian. Nama mereka pun akan dicatat dan dipastikan tidak termasuk daftar peserta yang lulus SBMPTN 2017. Jadi jangan pernah melakukan hal itu, Percaya diri terhadap kemampuan anda.

5.    5Terlalu berharap mendapat undangan SNMPTN

Hal pertama dan utama yang paling sering bikin para pelajar gagal menembus SBMPTN 2017 adalah karena mereka terlalu berharap mendapat undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), hanya karena mereka sering mendapat nilai rapor bagus. Banyak pelajar yang nggak belajar dengan keras, karena mereka terlalu percaya diri  bakal dapat kursi di universitas negeri lewat jalur SNMPTN.

Kemudian kepanikan melanda ketika ternyata mereka nggak mendapat jatah SNMPTN, sehingga mereka harus bersaing dengan pelajar lain di SBMPTN yang sudah punya persiapan ujian lebih matang. Akhirnya? Gagal, deh!

baca juga : kriteria penilaian SNMPTN 2017

6. Menggunakan jasa Joki
Mempertaruhkan masa depan anda pada joki SBMPTN adalah hal yang konyol. Jika anda diketahui sedang dijoki maka tentu anda akan dihapuskan dari daftar peserta tes. Pada joki pun berakibat buruk. Jika terdapat mahasiswa menjadi joki maka ia akan dipecat oleh universitas yang bersangkutan

7. Tidak membawa Kartu Ujian/ ijazah / SKHU
Kebiasaan buruk seseorang yaitu adalah mereka sering melupakan hal-hal kecil disekitar mereka. Karena terbiasa melupakan hal kecil maka mereka dapat pula melupakan hal yang besar karena lupa sudah menjadi rutinitas.
Jika peserta tidak membawa kartu ujian maka anda tidak di anggap sebagai peserta ujian SBMPTN 2017, sebab kartu ujian lah yang menjadi identitas anda sebagai peserta ujian SBMPT 2017 atau bukan.
Selain itu ijazah/SKHU adalah komponen penting yang harus anda bawa. Jika anda membawanya maka akan menjadi pertimbangan bagi pengawas, karena tidak hanya kartu peserta ujian, ijazah / SKHU juga lah yang menunjukkan bahwa anda adalah peserta ujian SBMPTN 2017.


Hal-hal yang perlu anda identifikasi dan direnungkan dalam pikiran anda
Seberapa banyak anda tahu tentang tingkat kesulitan soal SBMPTN?
Jika anda bertanya sesusah apa sih soal SBMPTN itu? Maka menurut saya anda sudah mengetahuinya sudah lama. Masih ingatkan saat anda mengikuti ujian nasional waktu smp? Menurut anda bagaimana tingkat kesulitannya? Ya cenderung tipe soal ujian nasional dapat dihafalkan.
Jika kita bandingkan dengan tipe soal saat ppdb sma bagaimana menurut anda? Soal ppdb sma jauh sangat sulit dibandingkan dengan UN smp. Dari perbandingan ini dapat mengetahui tingkat kesulitan soal SBMPTN sekitar 4-5 kali lebih sulit dari UN.
Karena SBMPTN adalah ujian yang bersifat seleksi. Artinya, tujuan SBMPTN adalah menyeleksi calon mahasiswa yang layak kuliah di universitas negeri. Jadi sudah kebayang dong, tingkat kesulitan soal SBMPTN nanti seperti apa?
Seberapa banyak pengetahuan anda tentang tingkat persaingan universitas negeri yang anda incar?
Presentase anda untuk dapat lulus tentu berbeda-beda tergantung pilihan universitas dan jurusan anda. Jika tujuan anda hanya untuk lulus maka cukup memilih universitas dan jurusan yang sedikit peminatnya. Tapi pertanyaannya apakah anda suka ?
Anda bisa lihat kondisi persaingan setiap universitas di website resmi mereka. Misalnya, kalau anda mau masuk Universitas Indonesia (UI).  Cek situs resminya, di bagian pemetaan lengkap kondisi persaingan seluruh jalur masuk pada setiap jurusan di Universitas Indonesia.
Sayangnya, tidak semua situs PTN menyediakan info ini. Atau anda juga dapat melihat daya tampung dan jumlah peminat di masing-masing jurusan di tiap universitas.

Seberapa banyak  anda tahu tentang materi yang harus dipelajari?
Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya tujuan anda adalah harus menjawab soal benar sebanyak mungkin dari masing mata pelajaran yang sedang diujikan. Untuk itu anda perlu mengetahui kelemahan anda dalam bidang apa? Jika sudah tahu luangkanlah waktu untuk mempelajarinya.
Anda tidak perlu belajar pada setiap mata pelajaran dahulukanlah pelajar yang anda tidak bisa dahulu agar dapat menjawab sebanyak mungkin meskipun terdapat beberapa cap cip cup.

Seberapa banyak waktu yang anda miliki?
Coba cek tanggal pada kalender anda ketika sedang membaca artikel ini. Lalu lihatlah kapan seleksi SBMPTN akan dilaksanakan. Itulah rentang waktu yang anda miliki untuk mempersiapkan diri dalam menempuh tesnya.
Berapapun sisa waktu yang anda miliki, benamkan lah itu adalah waktu yang sedikit. Sehingga anda dapat memotivasi diri anda untuk lebih giat belajar lagi.
Dari uraian diatas yang menjadi Itu dia penyebab peserta ujian yang gagal untuk lulus SBMPTN. Ke tujuh penyebab tersebut harus anda perhatikan baik-baik agar kegagalan tidak terjadi pada diri anda. kalaupun nantinya ternyata anda gagal, maka persiapkan diri anda juga untuk memiliki motivasi saat gagal sbmptn. anda tidak boleh terpuruk dengan keadaan kesuksesan tidak hilang meski anda gagal dalam sbmptn.
Adapun kunci sukses untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan berikhtiar. Berusaha semaksimal mungkin dan diringi dengan kekuatan doa. Selanjutnya serahkan dan kembalikan semuanya kepada Allah sebaik-baiknya pemberi keputusan.

    Jika anda suka dengan artikel diatas silakan like,share atau berkomentar dengan komentar baik. Karena 1 share dari anda sangat berarti bagi saya. Sekian dari artikel ini semoga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Salam sukses!!




Load Comments

Dapatkan Pembahasan Terupdate

Notifications

Disqus Logo
close