Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah didalam dan Luar Negeri - Primalangga -->
Cara mendapatkan beasiswa kuliah – mendapatkan beasiswa merupakan salah satu kebahagiaan bagi sebagian orang. Ya tentunya dengan adanya beasiswa ini anda mampu kuliah dengan menghemat biaya yang akan anda keluarkan nantinya. Mengingat biaya kuliah saat ini sangatlah mahal. 

Cara mendapatkan beasiswa kuliah
ilustrasi beasiswa kuliah

Pendaftar beasiswa tiap tahunnya memang banyak, bahkan tiap tahun selalu meningkat. anda juga bisa mendapat beasiswa kuliah S2 di indonesia. Hal ini menyebabkan ketatnya persaingan dalam mendapatkan beasiswa saat kuliah. Jika anda saat ini mungkin kurang bernasib baik seperti orang-orang kaya yang bisa kuliah dimana saja mereka suka, anda juga bisa kuliah meskipun mungkin keadaan ekonomi kurang mendukung.

Ada banyak cara agar bisa kuliah, bisa dengan cara kuliah sambil bekerja atau yang paling mudah adalah kuliah dengan beasiswa, atau adan akan memadukan keduanya kuliah dengan beasiswa dan dibantu dengan sambil kerja. Nah, terserah kerja keras dan kratifitas anda, silakan pilih jalan terbaik untuk kuliah.

Beasiswa untuk kuliah yang tersedia saat ini terdiri dari tiga macam beasiswa yakni beasiswa yang berasal dari perguruan tinggi, beasiswa yang berasal dari pemerintah dan beasiswa dari perusahaan swasta. Beasiswa dari universitas umumnya didapatkan setelah anda terdaftar sebagai mahasiswa dengan memenuhi syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan. Beasiswa dari pemerintah umumnya lebih spesifik dengan melihat prestasi individu, dan lain-lain.


Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah


1. Melihat peluang yang ada 


langkah pertama cara mendapatkan beasiswa kuliah yaitu mengetahui perluang yang anda miliki. Peluang yang anda mliki bukan hanya berasal dari dalam kampus anda saja. Anda juga dapat menacari beasiswa dari luar. dikarenakan banayak sekali macam macam beasiswa kuliah yang ada. Misalnya beasiswa dari pemerintah yaitu bidik misi. Atau beasiswa dari perusahaan yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia misal djarum dan sampoerna foundation. Ada juga beasiswa dari luar negeri yang bekerja sama dengan Indonesia misalnya beasiswa fullbright dari amerika dan chevening dari inggris.

Bagi anda yang sudah menjadi mahasiswa di PT mana saja, anda harus dengan jeli memperhatikan peluang-peluang yang ada, dengan cara rajin-rajinlah mengunjungi TU. Bukan untuk mencari pacar pegawai TU kampus, tetapi untuk bertanya apakah ada beasiswa bagi mahasiswa di kampus tersebut. Jika ada, manfaatkan peluang tersebut, jika tidak ada maka sobat sekalian bisa mencari di luar kampus, bisa dari pemerintah atau perusahaan swasta tempat orang tua sobat bekerja.

Jika anda mendapat kabar beasiswa dari pemerintah, maka anda harus segera mendaftarkan sebagai calon penerima beasiswa tersebut, dengan memperhatikan kemampuan atau prestasi yang anda punya.

Kemampuan anda bisa dari segi olahraga atau dari segi akademik. Contohnya, anda menjadi atlet nasional dalam bidang olahraga, maka itulah prestasimu. Jika pernah mewakili daerah atau negara dalam lomba akademi, maka itu peluang yang anda punya. Jadi, kita harus benar-benar melihat peluang yang ada.


2. Pandai mengatur waktu belajar

Yups, yang satu ini adalah modal utama untuk medapatkan beasiswa. Rajinlah belajar, maka kesempatan yang sobat punya semakin besar. Terutama untuk sobat yang sudah berkuliah di PT yang menyediakan beasiswa. Bagaimana mungkin anda akan mendapatkan beasiswa apabila nilaimu tidak memenuhi persyaratan. 
Bukan hanya nilai yang menjadi sarat untuk mendapat beasiswa, namun dari segi eksul anda pun dapat megajukan beasiswa. Yang terpenting adalah anda memiliki prestasi. Pastinya lembaga permberi beasiswa tidak akan memberikan beasiswanya untuk orang yang bermain kan.
Sedikit tips belajar yang dapat meningkatkan prestasi anda adalah belajar sebentar tapi berkelanjutan. Misalnya anda belajar jam 6 sampai jam 7 kemudian istirahat 10 menit lalu lanjutkan 1 jam kedepannya. Gunakan waktu tersebut untuk benar-benar belajar jangan disibukkan dengan gadget anda. 


3. Rajin mencari informasi

Biasanya sih, orang yang sukses itu adalah orang yan memiliki banyak informasi dan memanfaatkan informasi yang mereka miliki. Percuma juga punya banyak info tapi tidak pernah menerapkan informasi yang mereka punya. Informasi tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah  dapat anda temukan dalam berbagai situs di internet.

Kemajuan ilmu teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk memudahkan anda mendapatkan akses informasi mengenai beasiswa kuliah baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Internet menyediakan beragam informasi seputar mengenai beasiswa kuliah yang mudah diakses oleh semua orang.

Bersahabat dengan internet adalah tips ketiga untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Banyak tersedia website yang update setiap harinya untuk memberikan informasi mengenai beasiswa kuliah. Tidak sedikit pelajar yang kecewa karena sering ketinggalan informasi akibat jarang mencari informasi beasiswa di dunia maya.

Dalam mencari informasi di dunia maya, anda bisa mengetikkan kata kunci yang spesifik dengan jurusan yang anda inginkan. Langkah ini cenderung lebih memudahkan anda dalam mendapatkan beasiswa yang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Sebagai contoh, anda ingin kuliah jurusan psikologi maka coba ketikkan kata kunci “Beasiswa kuliah dalam negeri jurusan psikologi tahun 2017”.

Sosial media juga dapat menjadi sarana yang mudah untuk mendapatkan informasi mengenai beasiswa kuliah. Saat ini sudah banyak akun di Instagram, Facebook, Twitter dan sosial media lain yang menyediakan informasi beasiswa kuliah baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai contoh, di Instagram terdapat akun info_beasiswa yang cukup up to date menyediakan informasi beasiswa kuliah.

Sebelum mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa, pastikan anda memenuhi seluruh persyaratan yang diminta oleh donatur beasiswa. Ajukan persyaratan beasiswa tepat waktu dengan format yang sesuai. Bacalah baik-baik pedoman atau panduan yang diberikan untuk calon penerima beasiswa. Tidak sedikit calon pendaftar beasiswa gagal menerima beasiswa karena menyepelekan hal kecil.
Informasi diatas adalah beberapa tips ataupun cara mendapatkan beasiswa kuliah.

baca juga : informasi beasiswa dalam negeri 2017

Informasi 3 Beasiswa Untuk Bisa Kuliah Gratis


1. Beasiswa Bidik Misi


Bidik misi merupakan program beasiswa pemerintah yang ditujukan untuk siswa berprestasi yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi namun tidak mampu secara ekonomi. yang nantinya bila mendapat beasiswa bidik misi semua biyaya sekolah akan ditanggung oleh pemerintah kecuali biaya-biyaya tertentu.

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa unggulan merupakan beasiswa untuk mahasiswa yang telah menamatkan serjana kemudian ingin melanjutkan ke S2 dan S3. beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan study sekaligus ingin menjadi tenaga pengajar atau dosen. beasiswa ini tak hanya mencakup dalam negeri saja melainkan luar negeri juga.

3. Beasiswa swasta

Beasiswa swasta adalah beasiswa yang di adakan oleh pihak yang bersifat non pemerintah atau pihak-pihak swasta. beasiswa seperti ini biasa di adakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memang memiliki investasi yang besar untuk memberikan beasiswa kepada para pelajar.
Beasiswa PPA dan BPP PPA 2017

Beasiswa yang selalu buka setiap tahunnya dan mudah didapatkan ini, ialah beasiswa PPA dan BPP PPA. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa berprestasi yang sedang kuliah di jenjang S1/DIV atau mahasiswa DIII. Dengan beaiswa ini anda akan mendapatkan uang saku sebesar 350.000/bulan.
Mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa PPA dan BPP PPA

1. Calon penerima adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi pengelola beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
2. Calon penerima harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti)
3. Calon penerima adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana.

baca juga : macam macam beasiswa yang wajib kamu ketahui

Persyaratan Mendapatkan Beasiswa PPA dan BPP PPA

1. Persyaratan Umum

Diberikan kepada mahasiswa yang aktif:

Jenjang S1/Diploma IV minimal duduk pada semester II dan maksimal duduk pada semester VIII.
b) Diploma III, minimal duduk pada semester II dan maksimal duduk pada semester VI.
c) Dapat diberikan mulai semester I apabila mahasiswa memiliki prestasi sangat baik di sekolah khususnya nilai ujian nasional dan nilai rapor kelas X s.d. XII (diperlukan rekomendasi dari Kepala/Sekolah).

Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk, dengan melampirkan berkas sebagai berikut:

Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;

Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) pada tingkat Nasional maupun Internasional.

Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;

Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
Fotokopi kartu keluarga.

2. Persyaratan Khusus


Untuk Beasiswa PPA calon penerima wajib melampirkan fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.
Untuk Bantuan Biaya Pendidikan PPA:

a) Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,75 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi;

b) Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang berwirausaha;

c) Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang.

*Persyaratan dapat menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus.


Jadi kesimpulannya jika anda masih kurang dalam nilai maka sebaiknya anda giat untuk menambah nilai anda agar tujuan mendapatkan beasiswa kuliah tercapai. Rajinlah mencari informasi untuk memperkuat pengetahuan anda. Mungkin cukup sekian artikel kali ini. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat maka anda dapat like fanpage kami atau share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi sesama. 1 share dari anda sangat berarti bagi saya. Terima kasih
Salam sukses !!

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah didalam dan Luar Negeri

PENGUMUMAN

KUNCI JAWABAN MANDIRI K13N SMA KELAS 10-12 LENGKAP. KLIK DISINI.!

Cara mendapatkan beasiswa kuliah – mendapatkan beasiswa merupakan salah satu kebahagiaan bagi sebagian orang. Ya tentunya dengan adanya beasiswa ini anda mampu kuliah dengan menghemat biaya yang akan anda keluarkan nantinya. Mengingat biaya kuliah saat ini sangatlah mahal. 

Cara mendapatkan beasiswa kuliah
ilustrasi beasiswa kuliah

Pendaftar beasiswa tiap tahunnya memang banyak, bahkan tiap tahun selalu meningkat. anda juga bisa mendapat beasiswa kuliah S2 di indonesia. Hal ini menyebabkan ketatnya persaingan dalam mendapatkan beasiswa saat kuliah. Jika anda saat ini mungkin kurang bernasib baik seperti orang-orang kaya yang bisa kuliah dimana saja mereka suka, anda juga bisa kuliah meskipun mungkin keadaan ekonomi kurang mendukung.

Ada banyak cara agar bisa kuliah, bisa dengan cara kuliah sambil bekerja atau yang paling mudah adalah kuliah dengan beasiswa, atau adan akan memadukan keduanya kuliah dengan beasiswa dan dibantu dengan sambil kerja. Nah, terserah kerja keras dan kratifitas anda, silakan pilih jalan terbaik untuk kuliah.

Beasiswa untuk kuliah yang tersedia saat ini terdiri dari tiga macam beasiswa yakni beasiswa yang berasal dari perguruan tinggi, beasiswa yang berasal dari pemerintah dan beasiswa dari perusahaan swasta. Beasiswa dari universitas umumnya didapatkan setelah anda terdaftar sebagai mahasiswa dengan memenuhi syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan. Beasiswa dari pemerintah umumnya lebih spesifik dengan melihat prestasi individu, dan lain-lain.


Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah


1. Melihat peluang yang ada 


langkah pertama cara mendapatkan beasiswa kuliah yaitu mengetahui perluang yang anda miliki. Peluang yang anda mliki bukan hanya berasal dari dalam kampus anda saja. Anda juga dapat menacari beasiswa dari luar. dikarenakan banayak sekali macam macam beasiswa kuliah yang ada. Misalnya beasiswa dari pemerintah yaitu bidik misi. Atau beasiswa dari perusahaan yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia misal djarum dan sampoerna foundation. Ada juga beasiswa dari luar negeri yang bekerja sama dengan Indonesia misalnya beasiswa fullbright dari amerika dan chevening dari inggris.

Bagi anda yang sudah menjadi mahasiswa di PT mana saja, anda harus dengan jeli memperhatikan peluang-peluang yang ada, dengan cara rajin-rajinlah mengunjungi TU. Bukan untuk mencari pacar pegawai TU kampus, tetapi untuk bertanya apakah ada beasiswa bagi mahasiswa di kampus tersebut. Jika ada, manfaatkan peluang tersebut, jika tidak ada maka sobat sekalian bisa mencari di luar kampus, bisa dari pemerintah atau perusahaan swasta tempat orang tua sobat bekerja.

Jika anda mendapat kabar beasiswa dari pemerintah, maka anda harus segera mendaftarkan sebagai calon penerima beasiswa tersebut, dengan memperhatikan kemampuan atau prestasi yang anda punya.

Kemampuan anda bisa dari segi olahraga atau dari segi akademik. Contohnya, anda menjadi atlet nasional dalam bidang olahraga, maka itulah prestasimu. Jika pernah mewakili daerah atau negara dalam lomba akademi, maka itu peluang yang anda punya. Jadi, kita harus benar-benar melihat peluang yang ada.


2. Pandai mengatur waktu belajar

Yups, yang satu ini adalah modal utama untuk medapatkan beasiswa. Rajinlah belajar, maka kesempatan yang sobat punya semakin besar. Terutama untuk sobat yang sudah berkuliah di PT yang menyediakan beasiswa. Bagaimana mungkin anda akan mendapatkan beasiswa apabila nilaimu tidak memenuhi persyaratan. 
Bukan hanya nilai yang menjadi sarat untuk mendapat beasiswa, namun dari segi eksul anda pun dapat megajukan beasiswa. Yang terpenting adalah anda memiliki prestasi. Pastinya lembaga permberi beasiswa tidak akan memberikan beasiswanya untuk orang yang bermain kan.
Sedikit tips belajar yang dapat meningkatkan prestasi anda adalah belajar sebentar tapi berkelanjutan. Misalnya anda belajar jam 6 sampai jam 7 kemudian istirahat 10 menit lalu lanjutkan 1 jam kedepannya. Gunakan waktu tersebut untuk benar-benar belajar jangan disibukkan dengan gadget anda. 


3. Rajin mencari informasi

Biasanya sih, orang yang sukses itu adalah orang yan memiliki banyak informasi dan memanfaatkan informasi yang mereka miliki. Percuma juga punya banyak info tapi tidak pernah menerapkan informasi yang mereka punya. Informasi tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah  dapat anda temukan dalam berbagai situs di internet.

Kemajuan ilmu teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk memudahkan anda mendapatkan akses informasi mengenai beasiswa kuliah baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Internet menyediakan beragam informasi seputar mengenai beasiswa kuliah yang mudah diakses oleh semua orang.

Bersahabat dengan internet adalah tips ketiga untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Banyak tersedia website yang update setiap harinya untuk memberikan informasi mengenai beasiswa kuliah. Tidak sedikit pelajar yang kecewa karena sering ketinggalan informasi akibat jarang mencari informasi beasiswa di dunia maya.

Dalam mencari informasi di dunia maya, anda bisa mengetikkan kata kunci yang spesifik dengan jurusan yang anda inginkan. Langkah ini cenderung lebih memudahkan anda dalam mendapatkan beasiswa yang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Sebagai contoh, anda ingin kuliah jurusan psikologi maka coba ketikkan kata kunci “Beasiswa kuliah dalam negeri jurusan psikologi tahun 2017”.

Sosial media juga dapat menjadi sarana yang mudah untuk mendapatkan informasi mengenai beasiswa kuliah. Saat ini sudah banyak akun di Instagram, Facebook, Twitter dan sosial media lain yang menyediakan informasi beasiswa kuliah baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai contoh, di Instagram terdapat akun info_beasiswa yang cukup up to date menyediakan informasi beasiswa kuliah.

Sebelum mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa, pastikan anda memenuhi seluruh persyaratan yang diminta oleh donatur beasiswa. Ajukan persyaratan beasiswa tepat waktu dengan format yang sesuai. Bacalah baik-baik pedoman atau panduan yang diberikan untuk calon penerima beasiswa. Tidak sedikit calon pendaftar beasiswa gagal menerima beasiswa karena menyepelekan hal kecil.
Informasi diatas adalah beberapa tips ataupun cara mendapatkan beasiswa kuliah.

baca juga : informasi beasiswa dalam negeri 2017

Informasi 3 Beasiswa Untuk Bisa Kuliah Gratis


1. Beasiswa Bidik Misi


Bidik misi merupakan program beasiswa pemerintah yang ditujukan untuk siswa berprestasi yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi namun tidak mampu secara ekonomi. yang nantinya bila mendapat beasiswa bidik misi semua biyaya sekolah akan ditanggung oleh pemerintah kecuali biaya-biyaya tertentu.

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa unggulan merupakan beasiswa untuk mahasiswa yang telah menamatkan serjana kemudian ingin melanjutkan ke S2 dan S3. beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan study sekaligus ingin menjadi tenaga pengajar atau dosen. beasiswa ini tak hanya mencakup dalam negeri saja melainkan luar negeri juga.

3. Beasiswa swasta

Beasiswa swasta adalah beasiswa yang di adakan oleh pihak yang bersifat non pemerintah atau pihak-pihak swasta. beasiswa seperti ini biasa di adakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memang memiliki investasi yang besar untuk memberikan beasiswa kepada para pelajar.
Beasiswa PPA dan BPP PPA 2017

Beasiswa yang selalu buka setiap tahunnya dan mudah didapatkan ini, ialah beasiswa PPA dan BPP PPA. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa berprestasi yang sedang kuliah di jenjang S1/DIV atau mahasiswa DIII. Dengan beaiswa ini anda akan mendapatkan uang saku sebesar 350.000/bulan.
Mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa PPA dan BPP PPA

1. Calon penerima adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi pengelola beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
2. Calon penerima harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti)
3. Calon penerima adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana.

baca juga : macam macam beasiswa yang wajib kamu ketahui

Persyaratan Mendapatkan Beasiswa PPA dan BPP PPA

1. Persyaratan Umum

Diberikan kepada mahasiswa yang aktif:

Jenjang S1/Diploma IV minimal duduk pada semester II dan maksimal duduk pada semester VIII.
b) Diploma III, minimal duduk pada semester II dan maksimal duduk pada semester VI.
c) Dapat diberikan mulai semester I apabila mahasiswa memiliki prestasi sangat baik di sekolah khususnya nilai ujian nasional dan nilai rapor kelas X s.d. XII (diperlukan rekomendasi dari Kepala/Sekolah).

Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk, dengan melampirkan berkas sebagai berikut:

Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;

Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) pada tingkat Nasional maupun Internasional.

Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;

Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
Fotokopi kartu keluarga.

2. Persyaratan Khusus


Untuk Beasiswa PPA calon penerima wajib melampirkan fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.
Untuk Bantuan Biaya Pendidikan PPA:

a) Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,75 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi;

b) Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang berwirausaha;

c) Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang.

*Persyaratan dapat menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus.


Jadi kesimpulannya jika anda masih kurang dalam nilai maka sebaiknya anda giat untuk menambah nilai anda agar tujuan mendapatkan beasiswa kuliah tercapai. Rajinlah mencari informasi untuk memperkuat pengetahuan anda. Mungkin cukup sekian artikel kali ini. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat maka anda dapat like fanpage kami atau share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi sesama. 1 share dari anda sangat berarti bagi saya. Terima kasih
Salam sukses !!

Load Comments

Dapatkan Pembahasan Terupdate

Notifications

Disqus Logo
close