Sunday 7 June 2020

Pada tanaman bunga mawar terdapat banyak duri tempel. Apakah manfaat duri tempel bagi tumbuhan mawar?

Pada tanaman bunga mawar terdapat banyak duri tempel. Apakah manfaat duri tempel bagi tumbuhan mawar?

Pada tanaman bunga mawar terdapat banyak duri tempel. Apakah manfaat duri tempel bagi tumbuhan mawar?

Jawaban:
Fungsi Mawar Berduri
Ada yang tahu alasan mengapa mawar berduri? Mawar bisa saja menjadi tanaman yang cantik, namun tentu durinya sungguh bahaya bila dipegang. Namun adakah fungsi dari duri-duri pada mawar? Tentu saja ada!

Fungsi pertama dari mawar berduri adalah sebagai pertahanan. Banyak sekali binatang pemangsa yang senang memakan bunga, seperti binatang herbivora dan serangga. Mawar merupakan tumbuhan merambat dan tidak merambat yang bisa mencapai ketinggian 2-5 meter. Fungsi mawar berduri adalah sebagai pengait untuk berpegangan dan merambat menuju datangnya sinar matahari (bagi mawar jenis rambat). Mawar berduri juga melindungi tanaman dari bahayanya erosi.

Mawar berduri memiliki tekstur lurus dan biasanya setajam jarum, sehingga bila tersentuh dengan kulit akan terasa sakit dan tak jarang melukai kulit hingga berdarah. Duri pada mawar termasuk ke dalam bagian dari mawar tersebut. Bagian itu disebut dengan organ aksesori. Ada tanaman mawar yang memang memiliki organ aksesori sejati dan ada yang terjadi karena perkawinan silang. Tidak hanya ada pada mawar, organ aksesori ini juga bisa ditemukan di berbagai tanaman lainnya.

Jawaban lainnya:
Bunga mawar adalah tanaman berbunga (Angiospermae) jenis dikotil dari genus Rosa. Bunga mawar dikenal karena bunganya yang berbentuk indah, berwarna menyala dan harum baunya.

Bunga mawar memiliki duri di seluruh bagian batangnya. Duri ini sangat tajam dan membantu melindungi mawar dari hewan pemangsa atau herbivora dan perusak tanaman. Duri ini tajam sehingga dapat membuat hewan yang menggangu berdarah.

Selain menghalau hewan penganggu, duri ini ini juga berfungsi membantu bunga mawar tumbuh merambat. Duri ini mencengkeram batang tanaman atau tiang penyangga di taman sehingga bunga mawar bisa merambat terus ke atas.

Bunga mawar yang harum dan berwarna merah menyala terang juga merupakan bentuk adaptasi. Bunga berwarna terang ini dan bau harumnya menarik serangga penyerbuk seperti kupu-kupu dan lebah agar mendatangi bunga mawar dan membantu penyerbukan. Dengan bantuan lebah, serbuk sari bisa jatuh ke putik bunga atau dibawa ke bunga mawar. Penyerbukan bisa lebih cepat dan lebih sering sehingga bunga mawar terbantu perkembangbiakannya.