Thursday 9 April 2020

Sebutkan ciri-ciri virus.

Sebutkan ciri-ciri virus.

Sebutkan ciri-ciri virus.

Jawaban:


Ciri-ciri virus:
  • Ukuran virus jauh lebih kecil dari pada bakteri sehingga virus dapat menerobos saringan bakteri dengan mudahnya. 
  • Virus memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil (ultramikroskopis) yaitu antara 20 nm-300 nm (1 nm = 1/1.000.000 mm). Virus yang berukuran kecil memiliki diameter tubuh kurang lebih 20 nm (lebih kecil dari ribosom), misalnya Poliovirus yang berukuran paling kecil. Poliovirus ini menyerang susunan syaraf pusat, Aphthovirus yang menyebabkan penyakit kaki dan mulut pada sapi, dan Coxsackie B Virus yang menyerang jantung, hati, pankreas, dan selaput pleura manusia. Sementara itu, virus yang berukuran besar memiliki ukuran tubuh antara 150-300 nm atau lebih, misalnya Parainfluenza virus yang menyerang saluran pernafasan. Paramyxovirus yang menyebabkan penyakit gondong Morbilivirus yang menyebabkan penyakit campak, dan TMV yang menyebabkan penyakit mosaik pada tembakau. Virus yang paling besar adalah virus penyerang bakteri yang panjang tubuhnya 100 nm dan virus TMV yang panjang tubuhnya 300 nm. Oleh karena ukuran tubuhnya sangat renik, virus hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.


  • Bentuk tubuh virus bervariasi antara lain:
    a. Virus berbentuk batang, contohnya TMV (Tobacco Mosaic Virus) penyebab penyakit AIDS dan Orthomyxovirus penyebab influenza.
    b. Virus berbentuk bulat, contohnya virus HIV (Human Immunodeficiency Virus)
    c. Virus berbentuk oval (peluru), contohnya Rhabdovirus
    d. Virus berbentuk filamen, contohnya virus Ebola
    e. Virus berbentuk persegi banyak (polihedral), contohnya Adenovirus penyebab penyakit saluran pernapasan dan Papovavirus penyebab penyakit kutil.
    f. Virus berbentuk seperti huruf T, contohnya bakteriofag (sering disebut “fag”) yang menyerang bakteri Escherichia coli.

  • Struktur tubuh virus berbeda dengan sel organisme hidup lainnya. Tubuh virus bukan merupakan suatu sel (aseluler) karena tidak memiliki dinding sel, membran sel, sitoplasma, inti sel, dan organel sel lainnya. Selain ukuran tubuhnya sangat kecil, virus memiliki sifat benda mati karena terdiri atas partikel yang dapat dikristalkan. Partikel virus lengkap secara struktural, matang, serta mampu menginfeksi disebut virion.

Baca Selengkapnya : Soal Uji Kompetensi Materi Virus Buku Erlangga Kelas 10 dan Pembahasannya