Friday 3 April 2020

Haustorium pada jamur berfungsi sebagai ....

Haustorium pada jamur berfungsi sebagai ....

Haustorium pada jamur berfungsi sebagai ....

A. alat reproduksi vegetatif
B. alat reproduksi generatif
C. penyerap nutrisi dari tubuh inang
D. penghasil spora
E. alat bernapas

Jawaban:

C. penyerap nutrisi dari tubuh inang

Pembahasan:

Hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa. Dinding ini menyelubungi membran plasma dan sitoplasma hifa. Sitoplasmanya mengandung organel eukariotik.

Kebanyakan hifa dibatasi oleh dinding melintang atau septa (tunggal : septum). Septa (sekat) mempunyai pori besar yang cukup untuk dilewati ribosom, mitokondria, dan kadangkala inti sel yang mengalir dari sel ke sel. Akan tetapi, adapula hifa yang tidak bersepta atau hifa senositik. Struktur hifa senositik dihasilkan oleh pembelahan inti sel berkali-kali yang tidak diikuti dengan pembelahan sitoplasma.
Haustorium jamur menembus daun

Sebagian miselium ada yang berfungsi untuk menyerap makanan. Miselium untuk menyerap makanan disebut miselium vegetatif. Miselium vegetatif pada jamur tertentu memiliki struktur hifa yang disebut houstorium (jamak: houstoria). Hifa pada jamur yang bersifat parasit biasanya mengalami modifikasi menjadi haustoria (tunggal : haustorium) yang merupakan organ penyerap makanan dari substrat; haustoria dapat menembus jaringan substrat. Bagian miselium juga ada yang berdiferensiasi membentuk alat reproduksi. Alat reproduksi ini berfungsi menghasilkan spora. Bagian miselium ini disebut miselium generatif.


Baca Selengkapnya : Pembahasan Biologi Erlangga Materi Fungi (Jamur)