Tuesday 27 June 2017

Rangkuman Materi Stoikiometri - Pengertian, Contoh Soal dan Pembahasan LENGKAP!!

materi stoikiometri kelas x
Materi Stoikiometri merupakan bab yang paling susah di kelas 10. mimin suka remed nih dulu pas belajar materi ini. terlebih ibu gurunya killer abis.

Mengapa mimin bilang susah? yah tentu karena materi ini butuh sekali pemahaman terhadap istilah-istilahnya. tidak hanya hafal, tetapi kalian harus paham. seperti misalnya tentang konsep mol, massa atom, massa molekul, hukum avogadro dan masih banyak lagi.

tapi tidak perlu cemas dong. karena mimin disini hadir untuk setidaknya membantu menyediakan refrensi agar temen-temen bisa belajar dengan mudah.

Saran Artikel : Pembahasan kimia erlangga stoikiometri

untuk pembukanya dlu, mari kita baca sejenak pengertian stoikiometri. Stoikiometri yang berasal dari bahasa latin (stoicheion: unsur atau bagian metron: ukuran). okey lebih lengkapnya yuk simak pdf berikut ini. jika pdf tidak muncul maka kamu dapat mendownloadnya pada link yang tersedia dibawah.



Dowload makalah stoikiometri

BACA JUGA : Pembahasan kimia erlangga kelas 11

Contoh soal dan pembahasan stoikiometri

SOAL NO 1
Pada pelarutan kalium klorat, menurut persamaan reaksi
2KClO3 (s)→ 2KCl(s)+ 3O2(g)
Telah terbentuk 696 mL gas oksigen. Bila gas ini diukur pada keadaan di mana 0,58 liter gas nitrogen massanya 0,7 gram, hitunglah banyaknya kalium klorat yang telah terurai (Ar K = 39; Cl = 35,5; O = 16; N =14)


PEMBAHASAN
contoh soal stoikiometri

SOAL NO 2
Besi yang massanya 28 gram direaksikan dengan asam klorida sampai semua besi habis bereaksi
Fe + 2HCl → FeCl2 + H2
Hitunglah volume gas hidrogen yang dihasilkan, diukur pada 27oC, 1 atm (Ar Fe = 56)


PEMBAHASAN
contoh soal stoikiometri
SOAL NO 3
Suatu cuplikan yang mengandung logam seng dengan massa 10 gram direaksikan dengan larutan asam klorida sampai semua sengnya habis bereaksi
 Zn + 2HCl → ZnCl2 +H2
Jika gas hidrogen yang dihasilkan pada 0OC 1 atm adalah 1,12 liter, tentukan kadar seng di dalam cuplikan tersebut (Ar Zn = 65)


PEMBAHASAN

Gimana? sudah lebih paham belum. yaa mungkin gak langsung paham sih. coba kerjakan contoh soalnya dengan menggunakan rumus stoikiometri yang ada. perlahan ya latiannya. okey jangan lupa share jika menurut temen-temen ini berguna.