Wednesday 14 December 2016

Macam Macam Beasiswa Yang Wajib Diketahui Berdasar Dana


MACAM MACAM BEASISWA BERDASAR BANYAKNYA PENDANAAN


macam macam beasiswa

Sebelum mendaftar dalam suatu beasiswa, ada baiknya mengerti terlebih dahulu jenis jenis beasiswa. pernahkah anda melihat pada keterangan beasiswa seperti full scholarship atau partial scholarship. Taukah anda maksudnya? jika tidak maka anda wajib mengetahuinya. karena dengan begitu anda dapat menentukan biaya yang mungkin anda tanggung selanjutnya.

karena terkadang tanpa mereka ketahui sering kali mahasiswa salah dalam mendaftar beasiswa. Hanya karena ingin ke Jepang, lalu langsung mendaftar sebuah program short course yang ternyata biaya hidup selama disana tidak ditanggung oleh pihak penyedia beasiswa. Nah, tidak ingin juga kan mengalami hal hal demikian.

Jadi sangat penting buat kita untuk mengerti apa saja sih jenis-jenis beasiswa. Mengenai Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang meliputi program pendidikan Diploma, Sarjana (S1), Magister (master degree atau S2), Spesialis, dan Doktor (S3). Jika dilihat dari jenjang dan durasinya, jenis beasiswa yang paling banyak ditawarkan adalah untuk jenjang S2.

Sementara itu, beasiswa untuk tingkat Diploma, Sarjana, Spesialis, atau Doktoral biasanya terbatas dan ditawarkan oleh Universitas, Organisasi, atau Institusi tertentu. Untuk beasiswa program Doktoral, biasanya lebih banyak diprioritaskan untuk para pengajar seperti dosen ataupun peneliti. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan gelar doktor dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, yaitu sekitar tiga sampai empat tahun. Bahkan, ada juga yang sampai enam atau tujuh tahun, tergantung dari bidang studi yang diambil.

Sehingga, akan sedikit sulit bagi mereka yang selain tenaga pengajar dan peneliti untuk meninggalkan profesi mereka dalam jangka waktu yang cukup lama. Jenis dan karakteristik beasiswa yang ditawarkan oleh institusi baik dalam negeri maupun luar negeri ada bermacam-macam. Dari segi pendanaan, terdapat dua jenis beasiswa, yaitu Beasiswa Penuh (Full Scholarship) dan Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship). 


1. PARTIAL SCHOLARSHIP


Untuk beasiswa jenis ini tidak meliputi seluruh komponen pendidikan. melainkan hanya sebagian yang meliputi biaya pendidikan tertentu. Ada beasiswa yang hanya memberikan benefit pembebasan biaya perkuliahan saja tanpa memberikan biaya-biaya lainnya. Sehingga untuk biaya perjalanan, akomodasi, dan biaya hidup tentu saja harus ditanggung sendiri oleh si penerima beasiswa. Selain itu, ada juga pihak sponsor yang  cukup royal dengan memberikan biaya kuliah, biaya perjalanan, dan akomodasi,

Namun untuk biaya hidup harus ditanggung sendiri oleh si penerima beasiswa. Jenis beasiswa seperti ini biasanya ditawarkan untuk program short course (summer course) atau dari universitas dan institusi tertentu. Nah, jika anda memutuskan untuk mengikuti beasiswa jenis ini, sebaiknya yang perlu anda perhatikan adalah peraturan-peraturan seperti apakah diperbolekan untuk mencari sumber-sumber sponsorship lain untuk menutup biaya hidup, dan sebagainya.

baca juga : Daftar beasiswa S2 luar negeri

2. FULL SCHOLARSHIP

Dari namanya sudah kita ketahui dana yang disediakan dalam beasiswa ini yaitu full atau menyeluruh. dana pada beasiswa ini meniputi perkuliahan, akomodasi, asuransi, biaya hidup, buku, biaya penelitian, tiket perjalanan (PP), dan fasilitas lainnya MENGENAL MACAM-MACAM BEASISWA YANG PERLU DIKETAHUI tergantung dari penyedia beasiswa. Contoh beasiswa yang bersifat Full Scholarship adalah Chevening, Australian Development Scholarship (ADS), dan sebagainya.

Beasiswa seperti ini juga terdapat di dalam negeri, FullScholarship biasanya disediakan oleh Sampoerna, Jababeka, dan beasiswa dari Perguruan Tinggi tertentu.selain menyediakan beasiswa biasanya mereka juga menyediakan biaya tanggungan pada pihak terkait dan sudah ditentukan batas maksimal jumlah anggota yang ditanggung.

baca juga : beasiswa luar negeri paling populer

jadi perbedaannya hanya dari seberapa banyak biaya yang anda miliki dari pihak penyedia beasiswa. sehingga anda dapat memperikirakan dana yang akan anda tanggung selanjutnya. bijaklah dalam memilih beasiswa yang akan anda ikuti dan semoga berhasil.