Beginilah Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang Tepat - Primalangga -->

Cara Mengatasi Malas  Belajar


Cara mengatasi rasa malas belajar
ilustrasi saat malas untuk belajar


Penyebab Malas Belajar

Jika ada sebuah pertanyaan seperti ini, apa pengertian malas belajar? Apa yang menyebabkan seseorang menjadi malas dalam belajar? Mungkin beberapa kalian akan menjawab belajar itu sangat membosankan. maka tidak jarang ada sebagian orang yang bertanya kesana kemari tentang cara mengatasi malas belajar. Di sekolah belajar, sore belajar di tempat les dan malam dirumah juga harus belajar untuk besoknya. Belum lagi jika ada pr dan ulangan. Lebih enak membaca novel, nonton anime ataupun bermain game online.

Akan tetapi jika kita telah lebih dalam lagi, apa yang menyebabkan anda malas untuk belajar yaitu tidak adanya tujuan yang jelas dari guru atau dari dalam diri anda sendiri. Kalian hanya menganggap sekolah sebagai rutinitas saja. Datang ke sekolah membuka buku dan memasukannya ke dalam tas lagi. Begitu juga guru, dia hanya datang menyampaikan materi yang penting sesuai kurikulum dan kemudian mengadakan ulangan untuk diambil nilainya, lagi-lagi hanya nilai yang akan anda dapat.

Selama saya sekolah, tidak ada satu pun guru (kecuali guru agama) yang sebelum pelajaran dimulai menyampaikan maksud dan tujuan anda mempelajari bab ini untuk apa. Apa gunanya bagi anda di masa depan nanti. Sangat jarang ada guru yang dapat memberikan motivasi pada siswanya. Hal inilah salah satu yang membuat anda malas belajar.

Jika saja anda memiliki tujuan dalam belajar anda pasti belajar tidak akan terasa membosankan. Contohnya saja, pernahkah anda bosan bermain game online seperti dota 2 misalnya.? Tidak pasti tidak akan bosan, kenapa? Karena kalian memiliki tujuan yang jelas dalam sebuah game misalnya menaikkan level,mmr,pangkat dan sebagainya. Terlebih lagi anda memiliki banyak teman yang sejalan ketika bermain game online. Itulah kenapa bermain game tidak membosankan seperti belajar.

Rahasia Mengatasi Rasa Malas Belajar

Rasa malas adalah suatu pilihan yang menyenangkan bagi anda. Bagaimana tidak pada kenyataannya diri anda sendirilah yang membuat anda malas. Suka menunda pekerjaan “ahh nanti aja dah abis mandi” itulah biasanya yang selalu berada pada pikiran anda. Anda tidak pernah mencoba untuk mengerjakan sesuatu lebih awal. Anda lebih memilih bersenang-senang dulu baru kemudian merasakan susahnya.
Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas belajar

1. Tulis Tujuan anda

Mungkin anda mengapa harus tujuan? Mengapa harus ditulis juga? Ya tentu ketika anda memiliki tujuan maka anda dapat mengatur apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Semua tujuan yang anda miliki itu harus ditulis, karena jika tidak ditulis maka anda akan lupa.

Tujuan atau keinginan yang anda buat tidak perlu selalu besar, tuliskan semua keinginan anda sekecil apapun. Misalnya anda ingin bisa mengerjakan latihan soal matematika. Atau bisa memainkan lagu dengan gitar dan apapun yang anda inginkan. Jangan sampai terlewat satu hal pun.

Belilah kertas tempel di toko buku terdekat, lalu tulislah semua apa yang anda inginkan di kertas itu lalu tempel lah kertas itu di sekeliling kamar anda. Biarkan anda melihatnya ketika akan tidur agar dapat termotivasi.

Sekarang anda harus melangkah mewujudkan keinginan anda, lingkarilah apa yang telah anda capai dan berilah tanda silang apa yang gagal kalian capai. Tidak terasa sebenarnya anda sudah banyak mencapai berbagai hal dalam keseharian anda. Jangan merasa malu ketika orang tua atau teman anda tertawa ketika melihat apa yang anda lakukan, justru anda harus membuktikan bahwa tulisan di dinding itu bukanlah tulisan yang menghiasi dinding anda akan tetapi suatu keharusan yang akan anda raih dkemudian harinya.

Itulah kuatnya pengaruh dari tujuan yang jelas dan spesifik. Ketika anda memiliki satu tujuan yang jelas dan spesifik maka secara tidak sadar pikiran anda akan memfokuskan energinya untuk mencapai tujuan tersebut. Bila tidak, maka pikiran tidak akan bersedia membantu anda mencapai tujuan anda.

Sifat alami dari pikiran bawah sadar adalah mencari kenikmatan dan menghindari kesengsaraan. Ketika anda tidak membuat tujuan yang jelas, maka pikiran bawah sadar akan menilai bahwa yang anda lakukan tidak memberikan kenikmatan tetapi memberikan kesengsaraan. Meski pun anda (secara sadar) tahu bahwa, yang anda kerjakan adalah hal yang sangat penting. Yang bila anda berhasil melakukanya maka pikiran anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Apakah itu nilai yang baik, pujian dari teman-teman dan guru bahkan kejutan yang tidak bisa anda duga-duga dari orangtua anda. Sayangnya pikiran bawah sadar anda tidak menilai hal yang sama seperti yang anda pikirkan (sadar).

Jadi, sebelum belajar atau akan belajar, anda harus membuat tujuan yang jelas dan tertulis. Untuk membuat tujuan, anda harus membuat tujuan setiap bab mata pelajaran yang akan dipelajari di kelas. Anda perlu menulis apa yang anda ingin ketahui dan untuk apa anda mengetahui isi dari bab yang akan dipelajari. Selain itu, anda juga harus membuat tujuan berapa nilai yang ingin anda dapatkan setiap mata pelajaran di akhir semester.


2. Strategi Belajar yang Tepat

Setelah membaca poin pertama apakah sekarang anda memiliki tujuan yang ingin anda capai? Jika iya maka harusnya sudah dapat melaksanakan poin nomor 2. Dari tujuan belajar yang anda miliki sekarang maka anda harus memiliki strategi yang tepat dalam belajar anda untuk mewujudkannya.

Terkadang banyak orang yang sudah les sana sini belajar siang malam tapi masih memiliki nilai yang tidak memuaskan. Hal itu karena apa yang mereka pelajari tidak tepat sasaran. Maka dari itu untuk mencapai apa yang anda impikan hendaknya disesuaikan dengan keadaan.

Misal anda memiliki tujuan yaitu ingin memiliki nilai UN yang bagus tentu anda tahu apa yang harus dilakukan yaitu belajar mata pelajaran UN secara giat. Tapi tidak hanya sampai disitu belajar yang giat pun tidak cukup karena materi UN sangat banyak untuk itu anda cukup mempelajari soal-soal tahun lalu yang kemungkinan mirip dengan tahun ini. Semua orang sudah tahu hal ini, dan itulah yang disebut strategi.

Anda pasti memiliki strategi tersendiri dalam mencapai tujuan yang anda buat. Karena masing-masing dari kita memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pasti dalam mewujudkannya juga berbeda pula.


3. Prioritas Belajar

Memiliki prioritas belajar sangat penting karena hal ini akan membuat anda lebih mudah dalam mempelajari tiap mata pelajaran yang ada. Prioritas belajar disini juga harus disesuaikan dengan tujuan anda. Jika anda ingin menjadi peringkat 1 misalnya maka anda harus memprioritaskan belajar yang anda tidak bisa sehingga anda dapat menguasai tiap mata pelajaran untuk memperoleh rata-rata nilai yang baik. selain itu poin ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam mengatasi malas belajar.

Bertanya kepada teman atau guru akan lebih membantu anda. Tidak pernah malu bertanya apalagi di dalam kelas. Meski pun anda disoraki oleh teman-teman anda karena memberikan pertanyaan yang sudah dijelaskan oleh guru tetapi anda belum mengerti. Maka tanyakan saja, karena dengan begitu akan membuat pikiran anda lebih lama mengingat pertanyaan yang and ajukan.

Dalam prioritas belajar, anda juga harus belajar mengatur diri anda untuk mengatur diri. Anda harus menyesuaikan dengan diri dan kemampuan anda. Apakah anda harus belajar di pagi hari, menyelesaikan semua tugas rumah setelah pulang sekolah atau di malam hari. Tipsnya, jangan pernah belajar di atas jam 9 malam, karena akan membuat anda mudah untuk tertidur. Lebih baik anda lebih cepat belajar. Pikiran dan tubuh anda lebih bisa diajak untuk bekerja sama daripada di malam hari.

4. Posisi dan Suasana Belajar

Meski pun terasa kurang masuk akal, tetapi ini akan sangat mempengaruhi anda dalam mood (emosi) belajar. Bila anda belajar sambil tidur-tiduran maka lambat laun anda pasti akan tertidur. Akan sangat sulit untuk menahan diri untuk tidak tidur.

Bila anda belajar sambil tiduran maka secara psikologis, tubuh akan mengartikan bahwa anda tidak siap dan serius untuk belajar. Tubuh anda akan merespon bahwa buku atau pelajaran yang anda sedang pelajari tidak terlalu penting untuk dipelajari. Kembali ke sifat pikiran bawah sadar, pikiran akan mengartikan bahwa belajar adalah kegiatan yang menyiksa dan membosankan. Lebih baik untuk tidur. Pernah mengalamu hal seperti ini? Saya juga pernah mengalaminya.

Saran saya adalah belajarlah di atas meja belajar dengan pencahayaan yang cukup. Supaya anda dapat menjaga konsentrasi dan mood dalam belajar. Atau jika anda memiliki cara  belajar yang lebih efektif anda dapat menerapkannya.


5. Tindakan yang nyata

Biasanya hal ini merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan. Sering kali mereka selalu membaca artikel tentang pengertian malas belajar ataupun cara menghilangkan malas dan kantuk dan sebagainya dari berbagai sumber namun tidak ada yang dipraktekan. Lebih baik anda memiliki satu informasi saja dan kemudian anda benar-benar melakukannya.

Bila anda melakukan tindakan, meski pun itu tindakan yang sangat kecil. Bila terus dilakukan secara terus menerus maka, perlahan tapi pasti anda akan memiliki kebiasaan untuk belajar dan disiplin yang baik. Dengan begitu, anda bisa mengatasi kebiasaan malas belajar dalam diri anda.

Ingatlah prinsip ini “Semakin banyak anda bertindak, semakin cepat anda mendapatkan kebiasaan baru yang anda sedang bentuk dan prioritaskan.”

Sekian artikel tentang cara mengatasi malas belajar. sebenarnya masih banyak yang menjadikan anda memiliki rasa malas belajar. namun pada kesempatan kali ini saya hanya dapat menyampaikan 5 saja. jika anda memiliki saran yang lain silakan tinggalkan di kolom komentar. terima kasih


Beginilah Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang Tepat

PENGUMUMAN

Mimin akan sangat berterima kasih, Jika teman-teman mau BERDONASI secara GRATIS dengan cara "KLIK" iklan dibawah.

Cara Mengatasi Malas  Belajar


Cara mengatasi rasa malas belajar
ilustrasi saat malas untuk belajar


Penyebab Malas Belajar

Jika ada sebuah pertanyaan seperti ini, apa pengertian malas belajar? Apa yang menyebabkan seseorang menjadi malas dalam belajar? Mungkin beberapa kalian akan menjawab belajar itu sangat membosankan. maka tidak jarang ada sebagian orang yang bertanya kesana kemari tentang cara mengatasi malas belajar. Di sekolah belajar, sore belajar di tempat les dan malam dirumah juga harus belajar untuk besoknya. Belum lagi jika ada pr dan ulangan. Lebih enak membaca novel, nonton anime ataupun bermain game online.

Akan tetapi jika kita telah lebih dalam lagi, apa yang menyebabkan anda malas untuk belajar yaitu tidak adanya tujuan yang jelas dari guru atau dari dalam diri anda sendiri. Kalian hanya menganggap sekolah sebagai rutinitas saja. Datang ke sekolah membuka buku dan memasukannya ke dalam tas lagi. Begitu juga guru, dia hanya datang menyampaikan materi yang penting sesuai kurikulum dan kemudian mengadakan ulangan untuk diambil nilainya, lagi-lagi hanya nilai yang akan anda dapat.

Selama saya sekolah, tidak ada satu pun guru (kecuali guru agama) yang sebelum pelajaran dimulai menyampaikan maksud dan tujuan anda mempelajari bab ini untuk apa. Apa gunanya bagi anda di masa depan nanti. Sangat jarang ada guru yang dapat memberikan motivasi pada siswanya. Hal inilah salah satu yang membuat anda malas belajar.

Jika saja anda memiliki tujuan dalam belajar anda pasti belajar tidak akan terasa membosankan. Contohnya saja, pernahkah anda bosan bermain game online seperti dota 2 misalnya.? Tidak pasti tidak akan bosan, kenapa? Karena kalian memiliki tujuan yang jelas dalam sebuah game misalnya menaikkan level,mmr,pangkat dan sebagainya. Terlebih lagi anda memiliki banyak teman yang sejalan ketika bermain game online. Itulah kenapa bermain game tidak membosankan seperti belajar.

Rahasia Mengatasi Rasa Malas Belajar

Rasa malas adalah suatu pilihan yang menyenangkan bagi anda. Bagaimana tidak pada kenyataannya diri anda sendirilah yang membuat anda malas. Suka menunda pekerjaan “ahh nanti aja dah abis mandi” itulah biasanya yang selalu berada pada pikiran anda. Anda tidak pernah mencoba untuk mengerjakan sesuatu lebih awal. Anda lebih memilih bersenang-senang dulu baru kemudian merasakan susahnya.
Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas belajar

1. Tulis Tujuan anda

Mungkin anda mengapa harus tujuan? Mengapa harus ditulis juga? Ya tentu ketika anda memiliki tujuan maka anda dapat mengatur apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Semua tujuan yang anda miliki itu harus ditulis, karena jika tidak ditulis maka anda akan lupa.

Tujuan atau keinginan yang anda buat tidak perlu selalu besar, tuliskan semua keinginan anda sekecil apapun. Misalnya anda ingin bisa mengerjakan latihan soal matematika. Atau bisa memainkan lagu dengan gitar dan apapun yang anda inginkan. Jangan sampai terlewat satu hal pun.

Belilah kertas tempel di toko buku terdekat, lalu tulislah semua apa yang anda inginkan di kertas itu lalu tempel lah kertas itu di sekeliling kamar anda. Biarkan anda melihatnya ketika akan tidur agar dapat termotivasi.

Sekarang anda harus melangkah mewujudkan keinginan anda, lingkarilah apa yang telah anda capai dan berilah tanda silang apa yang gagal kalian capai. Tidak terasa sebenarnya anda sudah banyak mencapai berbagai hal dalam keseharian anda. Jangan merasa malu ketika orang tua atau teman anda tertawa ketika melihat apa yang anda lakukan, justru anda harus membuktikan bahwa tulisan di dinding itu bukanlah tulisan yang menghiasi dinding anda akan tetapi suatu keharusan yang akan anda raih dkemudian harinya.

Itulah kuatnya pengaruh dari tujuan yang jelas dan spesifik. Ketika anda memiliki satu tujuan yang jelas dan spesifik maka secara tidak sadar pikiran anda akan memfokuskan energinya untuk mencapai tujuan tersebut. Bila tidak, maka pikiran tidak akan bersedia membantu anda mencapai tujuan anda.

Sifat alami dari pikiran bawah sadar adalah mencari kenikmatan dan menghindari kesengsaraan. Ketika anda tidak membuat tujuan yang jelas, maka pikiran bawah sadar akan menilai bahwa yang anda lakukan tidak memberikan kenikmatan tetapi memberikan kesengsaraan. Meski pun anda (secara sadar) tahu bahwa, yang anda kerjakan adalah hal yang sangat penting. Yang bila anda berhasil melakukanya maka pikiran anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Apakah itu nilai yang baik, pujian dari teman-teman dan guru bahkan kejutan yang tidak bisa anda duga-duga dari orangtua anda. Sayangnya pikiran bawah sadar anda tidak menilai hal yang sama seperti yang anda pikirkan (sadar).

Jadi, sebelum belajar atau akan belajar, anda harus membuat tujuan yang jelas dan tertulis. Untuk membuat tujuan, anda harus membuat tujuan setiap bab mata pelajaran yang akan dipelajari di kelas. Anda perlu menulis apa yang anda ingin ketahui dan untuk apa anda mengetahui isi dari bab yang akan dipelajari. Selain itu, anda juga harus membuat tujuan berapa nilai yang ingin anda dapatkan setiap mata pelajaran di akhir semester.


2. Strategi Belajar yang Tepat

Setelah membaca poin pertama apakah sekarang anda memiliki tujuan yang ingin anda capai? Jika iya maka harusnya sudah dapat melaksanakan poin nomor 2. Dari tujuan belajar yang anda miliki sekarang maka anda harus memiliki strategi yang tepat dalam belajar anda untuk mewujudkannya.

Terkadang banyak orang yang sudah les sana sini belajar siang malam tapi masih memiliki nilai yang tidak memuaskan. Hal itu karena apa yang mereka pelajari tidak tepat sasaran. Maka dari itu untuk mencapai apa yang anda impikan hendaknya disesuaikan dengan keadaan.

Misal anda memiliki tujuan yaitu ingin memiliki nilai UN yang bagus tentu anda tahu apa yang harus dilakukan yaitu belajar mata pelajaran UN secara giat. Tapi tidak hanya sampai disitu belajar yang giat pun tidak cukup karena materi UN sangat banyak untuk itu anda cukup mempelajari soal-soal tahun lalu yang kemungkinan mirip dengan tahun ini. Semua orang sudah tahu hal ini, dan itulah yang disebut strategi.

Anda pasti memiliki strategi tersendiri dalam mencapai tujuan yang anda buat. Karena masing-masing dari kita memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pasti dalam mewujudkannya juga berbeda pula.


3. Prioritas Belajar

Memiliki prioritas belajar sangat penting karena hal ini akan membuat anda lebih mudah dalam mempelajari tiap mata pelajaran yang ada. Prioritas belajar disini juga harus disesuaikan dengan tujuan anda. Jika anda ingin menjadi peringkat 1 misalnya maka anda harus memprioritaskan belajar yang anda tidak bisa sehingga anda dapat menguasai tiap mata pelajaran untuk memperoleh rata-rata nilai yang baik. selain itu poin ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam mengatasi malas belajar.

Bertanya kepada teman atau guru akan lebih membantu anda. Tidak pernah malu bertanya apalagi di dalam kelas. Meski pun anda disoraki oleh teman-teman anda karena memberikan pertanyaan yang sudah dijelaskan oleh guru tetapi anda belum mengerti. Maka tanyakan saja, karena dengan begitu akan membuat pikiran anda lebih lama mengingat pertanyaan yang and ajukan.

Dalam prioritas belajar, anda juga harus belajar mengatur diri anda untuk mengatur diri. Anda harus menyesuaikan dengan diri dan kemampuan anda. Apakah anda harus belajar di pagi hari, menyelesaikan semua tugas rumah setelah pulang sekolah atau di malam hari. Tipsnya, jangan pernah belajar di atas jam 9 malam, karena akan membuat anda mudah untuk tertidur. Lebih baik anda lebih cepat belajar. Pikiran dan tubuh anda lebih bisa diajak untuk bekerja sama daripada di malam hari.

4. Posisi dan Suasana Belajar

Meski pun terasa kurang masuk akal, tetapi ini akan sangat mempengaruhi anda dalam mood (emosi) belajar. Bila anda belajar sambil tidur-tiduran maka lambat laun anda pasti akan tertidur. Akan sangat sulit untuk menahan diri untuk tidak tidur.

Bila anda belajar sambil tiduran maka secara psikologis, tubuh akan mengartikan bahwa anda tidak siap dan serius untuk belajar. Tubuh anda akan merespon bahwa buku atau pelajaran yang anda sedang pelajari tidak terlalu penting untuk dipelajari. Kembali ke sifat pikiran bawah sadar, pikiran akan mengartikan bahwa belajar adalah kegiatan yang menyiksa dan membosankan. Lebih baik untuk tidur. Pernah mengalamu hal seperti ini? Saya juga pernah mengalaminya.

Saran saya adalah belajarlah di atas meja belajar dengan pencahayaan yang cukup. Supaya anda dapat menjaga konsentrasi dan mood dalam belajar. Atau jika anda memiliki cara  belajar yang lebih efektif anda dapat menerapkannya.


5. Tindakan yang nyata

Biasanya hal ini merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan. Sering kali mereka selalu membaca artikel tentang pengertian malas belajar ataupun cara menghilangkan malas dan kantuk dan sebagainya dari berbagai sumber namun tidak ada yang dipraktekan. Lebih baik anda memiliki satu informasi saja dan kemudian anda benar-benar melakukannya.

Bila anda melakukan tindakan, meski pun itu tindakan yang sangat kecil. Bila terus dilakukan secara terus menerus maka, perlahan tapi pasti anda akan memiliki kebiasaan untuk belajar dan disiplin yang baik. Dengan begitu, anda bisa mengatasi kebiasaan malas belajar dalam diri anda.

Ingatlah prinsip ini “Semakin banyak anda bertindak, semakin cepat anda mendapatkan kebiasaan baru yang anda sedang bentuk dan prioritaskan.”

Sekian artikel tentang cara mengatasi malas belajar. sebenarnya masih banyak yang menjadikan anda memiliki rasa malas belajar. namun pada kesempatan kali ini saya hanya dapat menyampaikan 5 saja. jika anda memiliki saran yang lain silakan tinggalkan di kolom komentar. terima kasih


Load Comments

Dapatkan Pembahasan Terupdate

Notifications

Disqus Logo
close