Friday, 3 April 2020

Jamur ini memiliki cara hidup....

 


Jamur ini memiliki cara hidup....

Jamur ini memiliki cara hidup....

A. saproba
B. parasit
C.ektomikoriza
D. endomikoriza
E. sismbiosis mutualisme

Jawaban:


A. saproba

Pembahasan:

Jamur yang ada pada gambar merupakan spesies Amanita muscaria

Amanita muscaria adalah jamur beracun yang termasuk ke dalam golongan basidiomycota.Jamur ini memiliki warna yang bervariasi, mulai dari merah terang, jingga, kuning, hingga putih. A. muscaria dapat ditemukan di berbagai daerah di seluruh dunia karena jamur ini mampu tumbuh di berbagai suhu, mulai dari suhu dingin seperti di kutub hingga daerah tropis sekalipun.

Namun, ciri khas dari jamur ini adalah adanya bercak-bercak putih di bagian kepala.A. muscariamemang terkenal sangat beracun karena dalam 2-3 jam setelah menghirup jamur ini dapat terjadi diare, vertigo, koma, muntah, dan beberapa efek lainnya. Pada bagian tubuh buah dari jamur ini, terdapat senyawa asam ibotenat dan muscimol yang bersifat halusinogen dan psikoaktif.

Senyawa tersebut dapat mempercepat mengganggu sistem saraf, denyut jantung, mulut kering, dan halusinasi.

a. Jamur saprobik menyerap zat-zat makanan dari bahan organik yang sudah mati, seperti pohon tumbang, tumpukan kertas basah, bangkai hewan atau buangan organisme hidup. Jamur saprobik mempunyai peranan penting sebagai pengurai (decomposer) sisa-sisa organism untuk mengembalikan unsure hara ke dalam tanah. [wikipedia.org]

Amanita muscaria sering dijumpai tumbuh ditanah dan berperan kayu mati sehingga bersifat sproba (sebagai pengurai)
Baca Selengkapnya : Pembahasan Biologi Erlangga Materi Fungi (Jamur)