Saturday 11 April 2020

Apakah perbedaan keanekaragaman hayati tingkat genetik, spesies, dan ekosistem.

Apakah perbedaan keanekaragaman hayati tingkat genetik, spesies, dan ekosistem.

Apakah perbedaan keanekaragaman hayati tingkat genetik, spesies, dan ekosistem.

Jawaban:
  • Keanekaragaman gen adalah variasi atau perbedaan gen yang terjadi dalam suatu jenis atau spesies makhluk hidup. Variasi dalam spesies ini disebut varietas. Keanekaragaman gen menyebabkan bervariasinya susunan genetik sehingga berpengaruh pada genotip (sifat) dan fenotip (penampakan luar) suatu makhluk hidup. Perhatikan keanekaragaman warna mahkota pada bunga.

  • Keanekaragaman jenis (spesies) adalah perbedaan yang dapat ditemukan pada komunitas atau kelompok berbagai spesies yang hidup disuatu tempat. Contohnya di suatu halaman terdapat pohon mangga, kelapa, jeruk, rambutan, bunga mawar, melati, cempaka, jahe, kunyit, burung, kumbang, lebah, semut, kupu-kupu, dan cacing. Keanekaragaman jenis yang lebih tinggi umumnya ditemukan tempat yang jauh dari kehidupan manusia, misalnya di hutan. Di hutan terdapat jenis hewan dan tumbuhan yang lebih banyak dibanding dengan di sawah atau di kebun.

  • Keanekaragaman Ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan atau interaksi timbal balik antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup lainnya dan juga antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Suatu lingkungan tidak hanya dihuni oleh satu jenis makhluk hidup saja, tetapi juga akan dihuni oleh jenis makhluk hidup lain yang sesuai. Akibatnya, pada lingkungan tersebut akan dihuni berbagai makhluk hidup berlainan jenis yang hidup berdampingan.


Baca Selengkapnya : Pembahasan Uji Kompetensi Keanekaraman Hayati Buku Erlangga Kelas 10 Kurikulum 2013