Tuesday 10 March 2020

Apakah yang dimaksud dengan energi aktivitas, katalis, dan hubungan antara energi aktivitas dengan katalis?

Apakah yang dimaksud dengan energi aktivitas, katalis, dan hubungan antara energi aktivitas dengan  katalis?

Apakah yang dimaksud dengan energi aktivitas, katalis, dan hubungan antara energi aktivitas dengankatalis?

PEMBAHASAN

Energi aktivasi dari suatu reaksi merupakan batas energi yang diperlukan dalam suatu tumbukan antara partikel-partikel pereaksi, agar bisa menjadi tumbukan efektif dan menyebabkan pereaksi diubah menjadi produk reaksi.  Energi aktivasi yang tinggi membuat reaksi sulit terjadi dan laju reaksi rendah.

Hubungan antara energi aktivasi dengan katalis adalah katalis menjadikan energi aktivasi rendah dan membuat reaksi lebih mudah terjadi dan laju reaksi meningkat

Pembahasan:

Energi aktivasi menjelaskan kenapa bahan di sekitar kita tidak semua langsung bereaksi ketika bersentuhan. Hal ini karena tumbukan molekul yang terjadi biasanya terlalu rendah dibandingkan energi aktivasi yang diperlukan agar reaksi terjadi.

Suhu menentukan energi kinetik dan kecepatan tumbukan partikel. Sehingga dengan suhu tinggi, energi ini meningkat melebihi energi aktivasi, yang membuat laju reaksi meningkat pada suhu tinggi.

Dengan menurunkan energi aktifasi, semakin banyak tumbukan yang menghasilkan reaksi dan semakin cepat pula akhirnya laju reaksi terjadi.

Katalis atau katalisator adalah senyawa atau unsur yang dapat digunakan untuk meningkatkan laju reaksi, tanpa ikut terpakai pada reaksi tersebut. Katalisator bekerja dengan mempercepat suatu reaksi adalah dengan memperkecil energi aktivasi reaksi, sehingga reaksi kimia dapat cepat terjadi.

BACA SELENGKAPNYA : PEMBAHASAN KIMIA ERLANGGA LAJU REAKSI