Monday, 12 February 2018

Rangkuman, Soal dan Pembahasan Medan Magnet Part 3

 


Soal No. 12
Titik P berada di sekitar dua buah penghantar berbentuk setengah lingkaran dan kawat lurus panjang seperti gambar berikut!

Tentukan besar kuat medan magnet di titik P!

Pembahasan
Kuat medan dari kawat setengah lingkaran arah masuk bidang baca namakan B
1 dan kuat medan magnet dari kawat lurus namakan B2 arah keluar bidang baca :

Arah sesuai arah B1 masuk bidang baca.

Soal No. 13
Tentukan besar kuat medan magnet di titik P yang berada pada poros suatu penghantar melingkar pada jarak 8 cm jika kuat arus yang mengalir pada kawat adalah 1 A!

Pembahasan

Soal No. 14
Gambar dibawah ini menunjukkan sebuah konduktor RS sepanjang 2 m dialiri arus yang diletakkan secara tegak lurus medan magnet dengan rapat flux 0,5 T. Jika gaya yang dialami oleh konduktor adalah 1 N dengan arah masuk bidang kertas. Maka besar dan arah arus pada konduktor adalah…

Pembahasan
Soal No. 15
Selembar kawat berarus listrik di lengkungkan seperti pada gambar. Jika jari-jari kelengkungan sebesar 50 cm maka besarnya induksi magnetik di pusat lengkungan adalah….(μo = 4π.10-7 WB A-1m-1)


Pembahasan
Soal No. 16
Seutas kawat panjang berarus listrik I. Sebuah titik berjarak a dari kawat tersebut mempunyai induksi magnetik B. Besar induksi magnetik di suatu titik berjarak 3a dari kawat tersebut adalah...
A. 3B
B. 2B
C. B
D. 1/2 B
E. 1/3 B

Pembahasan
Perbandingan kuat medan magnet antara dua titik di sekitar kawat lurus
a1 = a
a2 = 3a
B1 = B
B2 =....

Soal No. 17
Kawat seperempat lingkaran dialiri arus 5 A seperti gambar berikut.

Jika jari-jari kawat melingkar adalah 40 cm, tentukan kuat medan magnet di titik P!

Pembahasan
Kuat medan magnet oleh kawat seperempat lingkaran di titik P

Sehingga
Soal No. 18
Perhatikan susunan kawat yang dialiri arus seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Jika arus yang dialirkan sama kuat maka pasangan kawat yang mempunyai medan magnet di titik pusat lingkaran yang sama besar tetapi berlawanan arah adalah…

Pembahasan
Untuk menentukan arah medan gunakan aturan tangan kanan. Pada gambar 1 merupakan 2 kawat yang masing-masing berbentuk setengah lingkaran maka arah medan magnetnya searah yakni keluar. Sedangkan, pada kawat 3 merupakan satu lingkaran dengan arah medan masuk kedalam bidang. Besarnya medan magnet pada gambar 1 sama dengan gambar 3 namun arahnya berlawanan.

Soal No. 19
Dua kawat sejajar Ldan M terpisah 2 cm satu sama lain (lihat gambar).

Pada kawat M di aliri arus 4 A dan kedua kawat mengalami tolak –menolak persatuan panjang sebesar 6 x Nm-1, besar dan arah kuat arus pada kawat L adalah… (μo= 4π.10-7 Wb.A-1 m-1)

Pembahasan
NEXT PAGE : 1 2 3