Saturday, 9 March 2019

Pembahasan KIMIA ERLANGGA Kelas 12 Kimia Unsur Latihan 3.5

 


Akhirnya sudah sampai pada latihan terakhir pada bab ini. yaitu latihan 3.5. gimana? masih ada kesuitan? kalau ada yang di tanyakan siakan ditanyakan, bisa lewat coment atau lewat email yang ada di menu kontak. biar gak lama langsung saja yukk..

Pembahasan Kimia Unsur Latiahan 3.5

Soal No.1
Jelaskan hubungan kereaktifan logam alkali tanah dengan letaknya di dalam sistem periodik unsur.

PEMBAHASAN
Kereaktifan alkali tanah dari Be ke Ba semakin bertambah, hal ini disebabkan semakin mudahnya Ba melepaskan elektron karena jari-jari atomnya besar
Soal No.2
Dengan melihat nilai potensial elektrode, bagaimana daya reduksi logam alkali tanah secara umum? Bagaimana jika dibandingkan dengan logam alkali?

PEMBAHASAN
Daya reduksi logam alkali menunjukan sifat yang kuat jika dilihat dari potensial elektrode yang harganya endah (negatif). Jika dibandingkan dengan alkali daya reduksi alkali tanah lebih lemah dibanding logam alkali
Soal No.3
Bagaimana kecenderungan kekuatan basa dari hidroksi logam alkali tanah?

PEMBAHASAN
Kekuatan basa dari Be ke Ba semakin kuat basa hidroksinya

Soal No.4
Bagaimana kecenderungan kelarutan senyawa-senyawa logam alkali tanah dalam satu golongan dari atas ke bawah (dari Be ke Ba)?

PEMBAHASAN
Kecenderungan kelarutan alkali tanah dari Be ke Ba semakin besar

Soal No.5
Pemisahan logam alkali tanah dari senyawanya dapat dilakukan dengan cara elektrolisis lelehan garam kloridanya. Tuliskan reaksi elektrolisis lelehan MgCl2 dengan elektrode inert.

PEMBAHASAN
MgCl2(l) → Mg2+(l) + 2Cl(l)
Katode : Mg2+(l) + 2e → Mg(l)
Anode : 2Cl(l) → Cl2(g) + 2e

Soal No.6
Di dalam suatu larutan terdapat ion Mg2+ dan ion Ba2+ dengan konsentrasi yang sama yaitu 0,001 M. Untuk memisahkan kedua ion tersebut, ion Mg2+ diendapkan sebagai Mg(OH)2 dengan cara menaikkan pH larutan. Jika diketahui pada suhu tertentu Ksp Mg(OH)2 = 4 x 10-12 dan Ksp Ba(OH)2 = 5 x 10-2, berapa pH larutan agar Mg2+ dapat mengendap dan Ba2+ tetap berada dalam larutan?

PEMBAHASAN
Agar Mg(OH)2 mulai mengendap maka harus diciptakan kondisi tepat jenuh untuk Mg(OH)2
Mg(OH)2(aq) → Mg2+(aq) + 2OH(aq)
Ksp Mg(OH)= Qsp Mg(OH)2
4 x 10-12 = [Mg2+][OH]2
pOH = 4,5 – log 2
pH = 14 – (4,5 log 2) = 9,5 + log 2
Jika pH > 9,5 + log 2 Mg(OH)2 akan mengendap dan Ba(OH)2 masih tetap larut

<<LANJUT MATERI>>





Temen-temen dapat memberikan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 


Terima Kasih !!
Sekian ya untuk pembahasan pada bab 3, untuk pembahasan bab 4 temen-temen bisa lihat DISINI. Terima kasih juga buat temen-temen yang udah berkunjung dan berpartisipasi dalam meramaikan blog ini. semoga ini dapat bermanfaat dan membantu kita dalam belajar. jangan lupa ya di share sama temen sekelasnya. makasih..