Rangkuman Materi Katabolisme Karbohidrat, Protein dan Lemak - Primalangga -->

Rangkuman Materi Katabolisme Karbohidrat, Protein dan Lemak

PENGUMUMAN

KUNCI JAWABAN MANDIRI K13N SMA KELAS 10-12 LENGKAP. KLIK DISINI.!

Metabolisme Karbohidrat : pada kesempatan kali ini mimin mau sedikit sharing tentang materi katabolisme. mulai dari pengertian katabolisme yang akan dijelaskan secara lengkap hingga tahapan proses katabolisme.

hal yang paling sering dibahas dalam materi metabolisme salah satunya tentang katabolisme karbohidrat, protein dan lemak. selanjutnya kita akan pelajari lebih dalam tentang materi ini pada katabolisme pdf berikut ini.

Baca juga : Rangkuman Materi Anabolisme

Rangkuman Materi Katabolisme

Katabolisme merupakan reaksi pemecahan atau penguraian senyawa kompleks (organik) menjadi senyawa yang lebih sederhana (anorganik). Dalam reaksi penguraian tersebut dapat dihasilkan energi yang berasal dari terlepasnya ikatan-ikatan senyawa kimia yang mengalami penguraian. 

Tetapi energi yang dihasilkan itu tidak dapat langsung digunakan oleh sel, melainkan harus diubah dalam bentuk senyawa Adenosin Trifosfat (ATP) yang mengandung energi tinggi. Tujuan utama reaksi katabolisme adalah untuk membebaskan energi yang terkandung di dalam senyawa sumber, yaitu Adenosin Trifosfat (ATP). 

Reaksi penguraian energi pada katabolisme, secara umum dikenal dengan proses respirasi.

Respirasi (Reaksi Penguraian Energi pada Katabolisme)
Respirasi merupakan proses pembebasan energi kimia dalam tubuh organisme melalui reaksi oksidasi (penambahan oksigen) pada molekul organik. Dari peristiwa tersebut akan dihasilkan energi dalam bentuk Adenosin Trifosfat (ATP) dan CO2  serta H2O (sebagai hasil sisa).

Lanjutkan pada pdf nya atau download materinya dibawah pdf tersebut.



Sekian ya tentang rangkuman materi katabolisme, semoga dapat bermanfaat untuk kita.
Load Comments

Dapatkan Pembahasan Terupdate

Notifications

Disqus Logo
close