Saturday 18 April 2020

Mengapa jamur pada gambar berikut dapat dikatakan menguntungkan manusia?

Mengapa jamur pada gambar berikut dapat dikatakan menguntungkan manusia?

Mengapa jamur pada gambar berikut dapat dikatakan menguntungkan manusia?


Jawaban:

Arthrobotrys merupakan jamur yang berperan membunuh organisme patogen.

Genus Arthrobotrys sebagian besar menjerat inangnya dengan menggunakan hifa yang melekat secara adesif. Fungi ini mampu menghasilkan toksin berupa asam linoleat yang bersifat toksik pada nematoda. Gejala yang ditimbulkan yakni adanya hipersensitif yang kemudian diikuti dengan adanya paralisis.

Arthrobotrys juga terkadang menghasilkan senyawa antibiotik dengan tujuan agar bakteri kompetitor tidak tumbuh selama fungi tersebut menyerang nematoda. Bahkan sebagian besar fungi ini juga mampu menghasilkan protease yang berupa subtilisin yang mampu menghancurkan lapisan kutikula pada nematoda (Webster and Weber, 2007).

Dari penjelasan mengenai fungi parasit dan predator di atas, maka fungi-fungi tersebut dapat digunakan sebagai agen biokontrol terhadap nematoda yang bersifat parasit pada tanaman maupun hewan (Saxena, 2008). Karena sifat fungi yang parasit terhadap nematoda, maka fungi tersebut dinamakan fungi nematophagous (Webster and Weber, 2007).

Penggunaan fungi nematophagous pernah dilakukan terhadap populasi nematoda yang tumbuh di akar tanaman nanas. Kemudian penggunaan lainnya yakni terhadap nematoda yang bersifat parasit terhadap hewan yakni nematoda dari spesies Strongyloides dan Ancylostoma spp. dengan menggunakan fungi Dactylella ellipsospora yang dilakukan secara in vitro. Arthrobotrys spp. juga dapat digunakan untuk mengontrol keberadaan nematoda di dalam tubuh kuda dan keledai (Waller and Larsen, 1993).


Interaksi fungi dengan nematoda yang telah diuraikan di atas sebagian besar bersifat parasit. Interaksi tersebut dapat diaplikasikan untuk keperluan biokontrol terhadap nematoda yang bersifat parasit terhadap tumbuhan maupun hewan.
Baca Selengkapnya : Pembahasan Uji Kompetensi Materi Fungi Kelas 10 Kurikulum 2013