Saturday 11 April 2020

Indonesia merupakan negara dengan megabiodiversitas, apa maksudnya?

 Indonesia merupakan negara dengan megabiodiversitas, apa maksudnya?

Indonesia merupakan negara dengan megabiodiversitas, apa maksudnya?

Jawaban:

Mega artinya besar, biodiversitas= keanekaragaman hayati, jadi megabiodiversitas = keanekaragaman hayati yang sanyat besar atau berlimpah. Kabarnya dari ratusan negara di dunia, ada 12 negara yang dikenal sebagai negara pemilik 70% keragaman hayati di dunia. 


Negara-negara tersebut adalah Australia, Brazil, China, Colombia, Ecuador, Amerika Serikat, India, Indonesia, Madagascar, Mexico, Peru and Kongo. Negara tersebut dikenal sebagai negara megabiodiversitas. Faktor yang mempengaruhinya seperti keadaan geografis suatu daerah dan iklim suatu daerah. Terjadinya biodiversitas karena perbedaan organisme secara genetik dan pengaruh lingkungan.



Indonesia memiliki kekayaan keaneka ragaman hayati yang begitu besar, karena banyak faktor seperti wilayah, iklim tropis, banyak hutan. Hutan-hutan indonesia menyimpan berbagai macam potensi serta plasma nutfah yang belum kita gali, namun krn penebangan n pembakaran hutan , indonesia yang dikenal dengan negara megabiodiversitasnya mungkin akan kehilangan banyak sekali keanekaragaman hayati.
Baca Selengkapnya : Pembahasan Uji Kompetensi Keanekaraman Hayati Buku Erlangga Kelas 10 Kurikulum 2013