Thursday 23 February 2017

Contoh Soal dan Pembahasan Sistem Pernapasan dan Respirasi

Primalangga - Contoh soal dan pembahasan sistem pernapasan. pada bab kali ini kita akan mempelajari contoh soal sistem pernapasan. pada soal pilihan ganda sistem pernapasan dan jawabannya berikut ini juga disertai dengan pembahasan sehingga pembaca lebih mudah memahaminya.
Contoh Soal dan Pembahasan Sistem Pernapasan dan Respirasi
Penampang Paru-Paru
jika sedang membahasa sistem pernapasan pada manusia maka tak lepas pula bagian penyakakit yang berhubungan dengannya. langsung saja kita bahas ya



soal dan pembahasan sistem pernapasan dan respirasi

1.  Suatu katup akan menutup saluran pernapasan ketika kita menelan makanan sehingga makanan akan masuk ke saluran pencernaan disebut….
a. Glottis
b. “Epiglotis”
c. Goblet
d. Lobus Olfaktorius
e. Faring

Pembahasan: Pada jawaban (a) Glotis merupakan saluran pernapasan, (c) sel goblet adalah penghasil lender yang berfungsi menyaring debu, (d) Lobus Olfaktorius merupakan bagian atap atau rongga hidung yang menghasilkan sel-sel pembau, (e) faring merupakan percabangan antara saluran pencernaan dan pernapasan.

2. pernafasan seluler terjadi di...
a. paru- paru
b. kulit
c. darah
d. sel

e. mitokondria

3. Suatu lapisan yang terdiri atas sel-sel epitel berlapis semu bersilia yang mengandung sel goblet penghasil lendir adalah lapisan….
a. Tulang rawan
b.Adventitia
c. Mucus
d. Submukosa
e. “Mukosa”

Pembahasan: Pada struktur Laring, (a) lapisan tulang rawan merupakan lapisan yang terdiri atas kurang lebih 18 tulang rawan, (b) lapisan adventitia merupakan lapisan yang terdiri atas jaringan tulang ikat, (c) mucus atau sel goblet adalah penghasil lendir, (d) submukosa juga merupaka lapisan yang terdiri atas jaringan tulang ikat

4.  Asfiksi adalah gangguan pada proses pengangkatan oksigen yang terjadi karena adanya kompetisi antara oksigen dan zat lain yang dapat berkaitan dengan….
a. Karbon monoksida
b. Karbon dioksida
c. Paru-paru
d. “Hemoglobin”
e. Mikroorganisme

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah D karena dalam gangguan pada proses pengangkatan oksigen, hemoglobin mengikat karbon monoksida karena lebih mudah daripada oksigen. Jadi, jika sebagian darah berikatan dengan karbon monoksida, jaringan tubuh akan kekurangan oksigen maka terjadilah Asfiksi.

5. Peradangan atau pembekakan terjadi karena berbagai hal diantaranya terinfeksi oleh
mikroorganisme atau tubuh merespon terhadap benda asing yang masuk kedalam tubuh. Peradangan pada lapisan pelindung pembungkus paru-paru adalah….
a. Sinusitis
b. Laryngitis
c. Bronchitis
d. “Pleuritis”
e. Faringitis


Pembahasan: Pada (a) Sinusitis adalah pembekakan pada sinus atau rongga hidung, (b) laryngitis adalah pembekakan pada laring, (c) bronchitis adalah peradangan pada selaput lendir dari saluran bronkial, (e) faringitis adalah peradangan pada faring karna infeksi.

6. Terjadinya inspirasi pada proses pernapasan manusia adalah karena diafragma...
a.    Melengkung, tulang rusuk dan dada terangkat
b.    Melengkung, tulang rusuk dan dada turun
c.    Mendatar, tulang rusuk dan dada terangkat
d.   Mendatar, tulang rusuk dan dada turun

Pembahasan: pada saat melakukan inspirasi, diafragma berkontraksi (mendatar) dan otot antartulang rusuk juga berkontraksi, sehingga tulang rusuk terangkat. Akibatnya, rongga dada membesar dan volume membesar sehingga tekanan rongga dada menurun lebih kecil dari pada tekanan udara di luar. Oleh karena itu udara di luar masuk ke dalam paru-paru.

Temen-temen dapat memberikan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 


Terima Kasih !!

7. Alat yang dapat dugunakan untuk mengambil contoh jaringan dan lender daalam saluran pernapasan yang diduga ada gangguan atau kelainan adalah….
a. PSA (Polmonary Sound Analizer)
b. Regulator oksigen
c. “Bronkoskop”
d. RONAF (Robotergestuetzte Navigation Zum Fraesen)
e. Mikroskop


Pembahasan: (a) PSA (Polmonary Sound Analizer) adalah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit asma, (b) Regulator oksigen adalah alat yang dapat digunakan saat penyakir asma kambuh, (d) RONAF (Robotergestuetzte Navigation Zum Fraesen) adalah robot yang digunakan sebagai navigator dalam pembedahan pasien yang mengalami gangguan respirasi.
8. Gas CO2 yang masuk kedalam system pernapasan kita dapat menyebabkan kematian karena….
a. “Gagalnya pengangkutan oksigen oleh hemoglobin”
b. Melemah otot diafragma sehingga meluasnya alveolus karena banyaknya gas CO sehingga paru-paru membesar tidak berkontraksi
c. Penyempitan saluran pernapasan karena alergi gas CO
d. Racun gas CO jantung tidak dapat berkontraksi
e. Salah semua

Pembahasan: gas CO merupakan gas yang memiliki afnitas yang tinggi dengan hemoglobin. Akibatnya hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen.

9. Bagian yang terlalu sering menerima bahan-bahan karsinogenik (penyebab kanker) yang banyak terkandung dalam rokok yang dihisap penderita adalah….
a. mucus
b. “Epitel bronkial”
c. Alveolus
d. Diafragma
e. Mitokondria

Pembahasan: bahan karsinogenik merupakan bahan berbahaya yang terkandung dalam rokok seperti nikel, asbestos, dan uranium. Jika terjadi kelainan sel pada epitel bronkial, sel ini tumbuh dengan cepat membentuk kanker ganas atau kanker paru-paru.

10. Kematian jaringan paru-paru dan pembentukan rongga yang berisi sel-sel mati atau cairan akibat infeksi bakteri juga berhubungan dengan karies gigi, epilepsy tak terkontrol sreta penyalah gunaan alcohol merupakan….
a. “Abses paru”
b. Empyema
c. Fluid
d. Septik emboli
e. Likuifikasi nikrosis

Pembahasan: pada (b) Empyema terjadi akibat pecahnya abses ke rongga pleura, (c) Fluid merupakan air yang terbentuk akibat proses lanjut pneumonia, (d) Septik emboli yaitu penyebaran sel hematogen terjadinya abses, (e) Likuifikasi nikrosis terjadi akibat pertumbuhan massa kanker bronkogenik yang cepat tidak di imbangi peningkatan suplai pembilih darah.

11. Respirasi merupakan proses pembebasan energy yang tersimpan dalam zat-zat makanan. Pada proses katabolisme karbohidrat terjadi 3 tahapan reaksi, yaitu glikolosis, siklus Krebs dan transport electron. Melalui siklus Krebs akan dihasilkan….
a. 8NADH, 2FADH2, DAN 2ATP
b. “2NADH, DAN 2ATP”
c. 4NADH, 1FADH2, DAN 1ATP
d. 2NADH, DAN 34ATP
e. 7ATP


Pembahasan: Siklus Krebs merupakan tahapan respirasi aerob. Tahapan ini dihasilkan sejumlah energy dalam bentuk: -6NADH, -2FADH, -2ATP sebelum masuk pada tahap reaksi siklus Krebs, terdapat siklus antara yang disebut DO asam piruvat, tahap ini menghasilkan 2NADH.

12. keluarnya udara pernapasan dari paru-paru adalah karena rongga dada...
a. membesar, tekanan udara paru-paru membesar
b. mengecil, tekanan udara paru-paru mengecil
c. mengecil, tekanan udara paru-paru membesar     
d. membesar, tekanan udara paru-paru mengecil

Pembahasan: pada ekspirasi terjadi hal-hal sebagai beikut. Diafrakma relaksasi (melengkung). otot antar tulang rususk relaksasi sehingga tulang rusuk turun. Akibatnya rongga dada mengecil dan tekanan rongga dada lebih besar dari pada tekanan udara di luar sehingga udara dari paru-paru keluar.

13. kantung udara Saccus intertclavicalis terdapat pada….
a. Pada pangkal leher
b. Rongga dada
c. Ketiak
d. Diantara lipatan usus atau rongga perut
e. “Antara tulang selangka atau korakoid”


Pembahasan: jawaban yang benar adalah Antara tulang selangka atau korakoid karena merupakan kantung yang terdapat pada aves, dan merupakan kantung yang berfungsi dalam proses pernapasan burung menjadi efisien.

14. pada pernapasan perut, udara masuk ke paru-paru sebagai akibat kontraksi dari...
a. otot perut
b. otot rusuk
c.otot diafragma
d. otot antar tulang rusuk



Pembahasan: pernapasan perut dapat terjadi karena adanya kontraksi atau gerakan otot diafragma. Sedangkan gerakan otot antar tulang rusuk yang berkontraksi atau relaksasi menyebabkan pernapasan dada. 

15. fungsi selaput lendir hidung adalah untuk...
a. menyesuaikan kelembapan udara
b. menetralkan racun yang masuk
c. membunuh kuman yang terbawa
d. memilih gas-gas yang masuk


Pembahasan: fungsi selaput lendir hidung adalah mengatur/ menyesuaikan suhu dan mengatur kelembapan.



sekian ya untuk pembahasan Contoh Soal dan Pembahasan Sistem Pernapasan dan Respirasi  hal yang berkaitan pada materi ini diantaranya soal essay sistem pernapasan pada manusia, soal dan pembahasan sistem pernapasan kelas 11, soal pilihan ganda sistem pernapasan dan jawabannya.